Misteri 61 Tato di Tubuh Otzi, Mumi Manusia Es Berusia 5.300 Tahun

By Utomo Priyambodo, Selasa, 28 September 2021 | 18:30 WIB
Ötzi the Iceman, pemilik tato tertua, memiliki tato di beberapa titik pada lengan dan betisnya. Tato pada tubuh Otzi dibuat dengan menyayat kulit, lalu menggosokkan arang pada rongganya; dapat dilihat pada kotak merah pada gambar. (A. Deter-Wolf)

Nationalgeographic.co.id—Ada beberapa hal yang menarik dari Otzi, manusia es prasejarah yang tubuhnya membeku menjadi mumi. Mumi berusia 5.300 tahun ini bukan hanya mumi paling terkenal di Eropa. Namun juga merupakan salah satu penemuan paling signifikan bagi mereka yang mempelajari sejarah global tato.

Tubuh Otzi dihiasi dengan 61 tato yang sangat terpelihara oleh iklim glasial. Keberadaan tato-tato pada tubuh mumi kuno ini tak pernah diketahui sebelum dua turis Jerman menemukan tubuh mumi 30 tahun lalu di gletser di Pegunungan Alpen Italia.

Arti dari tato-tato tersebut telah diperdebatkan sejak penemuannya oleh dua pendaki tersebut. Banyak tato Otzi ditemukan berupa garis yang ditarik di sepanjang area seperti punggung bawah, lutut, pergelangan tangan dan pergelangan kaki, area di mana orang paling sering mengalami rasa sakit yang berkelanjutan seiring bertambahnya usia.