Ilmuwan Menonton Langsung Ketika Sel Kekebalan Tubuh Bunuh Sel Kanker

By Wawan Setiawan, Kamis, 30 September 2021 | 17:00 WIB
Ilustrasi sel T yang menyerang sel kanker, kini melalui teknik baru ilmuwan dapat menyaksikan secara langsung adegan sel T menyerang sel kanker ini. (Juan Gartner / Getty Images)

Nationalgeographic.co.id—Para ilmuwan, saat ini sedang mengembangkan dan menguji serangkaian molekul untuk memperluas jangkauan aplikasi potensial dari imuno-onkologi, sebuah bidang penelitian baru yang terbukti sangat menjanjikan dalam mengobati jenis kanker tertentu.

Pengujian ini memerlukan beberapa instrumen untuk melakukan pengukuran secara tidak langsung bagaimana sel kekebalan tubuh (sel T) berinteraksi terhadap sel kanker.

Spin-off EPFL Nanolive telah mengembangkan sebuah tes baru yang disebut Live T Cell Assay untuk mengukur interaksi secara langsung tersebut. Uji Sel T Langsung ini memungkinkan para ilmuwan dapat mengamati perilaku sel T juga menganalisis interaksi antara sel kekebalan dan sel kanker secara real-time. Pengujian ini akan dapat menghasilkan analisis kuantitatif dari berbagai karakteristik sel.