Hampir Seabad Hilang, Monyet Bergaya Rambut 'Beatles' Terlihat Lagi

By Utomo Priyambodo, Kamis, 30 September 2021 | 14:27 WIB
Pithecia vanzolinii, hewan misterius Amazon yang tak terlihat selama 80 tahun. Salah satu jenis monyet saki. (Christina Selby/Biographic)

Nationalgeographic.co.id—Setelah 80 tahun tak pernah terlihat lagi keberadaannya, entah masih hidup atau sudah punah, saki berwajah botak dan bergaya rambut 'mop' akhirnya kembali ditemukan. Gaya rambut mop pernah dipopulerkan oleh The Beatles pada awal 1960-an.

Laura Marsh, direktur Global Conservation Institute sekaligus salah satu pakar terkemuka dunia tentang monyet saki, adalah peneliti yang menemukannya kembali pada 2017.

Saki berwajah botak ini memiliki nama ilmiah adalah Pithecia vanzolinii. Nama yang diberikan untuknya didedikasikan bagi ahli zoologi Brasil Paulo Vanzolini. Sebelum ditemukan kembali oleh Marsh, monyet itu tidak pernah terlihat hidup selama 80 tahun.

Untuk menemukan hewan misterius itu, Marsh dan tim ilmuwan, fotografer, konservasionis, dan pemandu lokal melakukan ekspedisi selama empat bulan ke bagian barat hutan Amazon yang belum banyak dijelajahi. Mereka berlayar di rumah perahu kecil berlantai dua dan menuju ke Sungai Eiru, dekat perbatasan Peru dan Brasil.