Tambah Usia, Jakarta Tak Juga Bijaksana

By , Sabtu, 21 Juni 2014 | 11:20 WIB
()

Kota Jakarta pada hari Sabtu dan Minggu, 21-22 Juni 2014 merayakan ulang tahun yang ke-487 namun sejumlah persoalan masih terus merundung Ibu Kota negara ini.Sekilas Jakarta tampak seperti metropolis yang lengkap dan memikat tapi keluh kesah warga mulai dari banjir, fasilitas umum yang kurang hingga jalan macet menjadi bahan perbincangan sehari-hari warga baik lisan mau pun melalui curahan hati di media sosial. 

"Jumat sore sampai malam pasti macet ga' kenal ampun di mana-mana apalagi kalau hujan, mending nongkrong dulu di kantor atau ke mal," kata Adinda seorang warga Kampung Melayu, Jakarta Timur, yang berkantor di kawasan Salemba Raya Jakarta Pusat.

Peran Jakarta sebagai pusat pemerintahan dan juga pusat bisnis membuat kota berpenduduk lebih dari 10 juta jiwa ini menanggung beban berat. 

"Akhirnya orang-orang dari seluruh Indonesia mau sekolah, kerja sampai berobat pun datangnya ke Jakarta," kata pengamat tata kota, Nirwono Joga. 

Hal itu dirasakan oleh Salim, seorang warga Grogol yang setiap tahun berjuang melawan banjir.

"Air sampai ke atap rumah," kata Salim. Ia mempertimbangkan untuk memboyong keluarganya pindah ke Depok atau Bogor.  "Tapi kantor saya dan sekolah anak-anak saya di daerah sini-sini juga, kalau pindah belum tentu dapat sekolah yang cocok lagi," tambahnya. 

Menurut Nirwono, salah satu kesalahan pembangunan Jakarta hampir dari 50 tahun terakhir ini adalah karena pembangunan masih dalam orientasi proyek, artinya masih dilakukan sepihak oleh pemerintah provinsi, tanpa partisipasi masyarakat secara aktif. 

"Jadi dalam menyelesaikan masalah-masalah hidup di Jakarta, warga menyelesaikan sendiri masalahnya. Misalnya, karena macet yang tak berkesudahan dan transportasi umum tak bisa diandalkan akhirnya mendorong warga untuk membeli sendiri sepeda motor, tanpa memikirkan yang lain masalahnya yang berpikir seperti ini jutaan jumlahnya, akibatnya mereka justru berkontribusi pada kemacetan itu," kata Nirwono. 

Pekerja menunggu truk untuk mengangkut sampah yang menumpuk di Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan, Senin (22/10/2012). Sampah tersebut menumpuk karena hujan mulai turun dan terbawa oleh aliran Sungai Ciliwung (Agus Susanto/Kompas).

Perda tak efektif 

Berbagai Peraturan Daerah (Perda) yang dibuat pemerintah DKI untuk mengatur warganya seperti Perda Sampah juga dianggap tidak efektif untuk membuat kota ini teratur. 

"Tidak ada kesadaran sendiri dari warganya untuk mengurangi sampah misalnya dan yang kedua tak ada upaya untuk mencegah arus urbanisasi yang besar akibat tidak meratanya pembangunan," kata Nirwono. 

Pemprov DKI juga tidak mempersiapkan antisipasi pertumbuhan jumlah penduduk yang akan berkembang pesat. "Ada tiga hal yang harus dipersiapkan jangka panjang yaitu ketersediaan tempat tinggal, ketersediaan air bersih dan transportasi massal berkelanjutan," kata Nirwono. 

Kualitas hidup