Gempita Media Sosial Selama Pemilu Presiden Kita

By , Selasa, 24 Juni 2014 | 06:56 WIB

Selama kampanye pemilihan presiden, media sosial Facebook dan Twitter gegap gempita. Jutaan pengguna media sosial di Indonesia membuat kampanye pilpres menjadi lebih semarak dan bergairah di dunia maya.

Yang menarik dari gegap gempita media sosial ini adalah fenomena unfriend dan unfollow. Banyak pengguna Facebook terpaksa mengambil keputusan unfriend terhadap kawan-kawannya yang berbeda pilihan dan memberi komentar yang dianggap kurang pas. Ada juga yang memutuskan untuk unfollow, yang artinya tetap bersahabat tetapi tidak ingin berbagai posting sahabatnya dibaca di linimasa (timeline)-nya.

Betapa dahsyatnya dampak pilpres kali ini dalam dunia maya, sampai-sampai perbedaan pilihan capres harus memutus persahabatan di dunia maya. Namun, itulah yang terjadi.

Media sosial memang semarak dan gegap gempita selama pilpres. Dalam debat ketiga calon presiden hari Minggu (22/6) malam, misalnya, pengguna Twitter memperbincangkan pernyataan Joko Widodo (capres nomor urut 2) dengan hashtag (#) atau tagar #TegasPilih2. Tagar ini bahkan menjadi trending topic dunia (worldwide) Twitter di urutan pertama. Tagar lain yang mendukung Jokowi yang juga menjadi trending topic Twitter adalah #JokowiJK_adalahKita, dan #Salam2Jari.

Jokowi juga menguasai trending topic Jakarta. Tagar #IndonesiaHebat_ekonomikuat, #Nomor2Tegas, #TegasPilih2 #Salam2, ataupun #Palestina menguasai trending topic Jakarta hari Senin (23/6) ini. Artinya, lima dari 10 trending topic Jakarta dikuasai tagar yang berkaitan dengan Jokowi.

Bahkan ketika Jokowi berulang tahun pada Sabtu, 21 Juni, tagar #JokowiBday dan #JokowiUltah sempat menjadi trending topic dunia. Banyak pengguna Twitter mengucapkan selamat ulang tahun kepada capres nomor urut 2 itu.

Dalam debat capres kedua, misalnya, kata TPID menjadi perbincangan paling banyak di Twitter. Demikian juga kata "bocor" dan "ekonomi kreatif".

Jokowi Widodo memiliki 1,62 juta follower Twitter, hampir dua kali lipat ketimbang follower Prabowo 905.000.

Jumlah pengguna Twitter di Indonesia lebih dari 20 juta. Jakarta merupakan kota yang penggunanya aktif ngetwit (2,4 persen dari jumlah twit berasal dari Jakarta). Sebagian besar pengguna Twitter berusia 16-20 tahun. Usia ini merupakan sepertiga dari 187 juta pemilih dalam Pilpres 2014. Anak-anak muda selalu terkoneksi dengan media sosial.

Facebook

Di Facebook, grup-grup pendukung Jokowi bertebaran dengan banyak nama. Seperti "Jokowi Presiden", "Jokowi", Rakyat Pendukung Joko Widodo", "Seknas Jokowi", "Jokowi-JK", "Kenapa Jokowi", "Jokowi for Indonesia", "Jokowisme", "Jokowi Blusukan", "Bara Jokowi Presiden", "Jokowi Mania", "Seknas Tani Jokowi", "Jokowikami", "Seknas Perempuan Pendukung Jokowi", "Relawan Jokowi-JK Sumbar", "Jokowi Jusuf Kalla", "Jokowi Aksi", "Presidenku Jokowi", "Kawan Jokowi", "Koordinator Nasional Relawan Jokowi", dan "Relawan Pendukung Jokowi". Kemungkinan besar puluhan grup pendukung Jokowi ini tidak dikoordinasi dalam satu wadah, karena setiap pengguna Facebook bisa saja membuat grup Jokowi-JK. Bahkan bisa jadi Jokowi dan Jusuf Kalla tidak tahu-menahu soal grup-grup sukarelawan mereka di Facebook.

Sebaliknya, jumlah grup pendukung Prabowo relatif lebih sedikit. Fan page Prabowo Subianto tercatat 6.353.379 likes, yang dibuatnya sejak mendirikan Partai Gerindra dan sejak ikut Pilpres 2009. Namun, bedanya, dalam Pilpres 2014 ini, di Facebook, jumlah grup pendukung Prabowo tidak semeriah grup pendukung Jokowi, dan bisa dihitung dengan jari, misalnya "Gardu Prabowo", "Relawan Prabowo", dan "Kawan Prabowo".

Jumlah pengguna Facebook di Indonesia sampai akhir 2013 tercatat 48,8 juta orang. Pengguna Facebook di seluruh dunia (Februari 2014) 1,23 miliar.