AI Bisa Memprediksi Potensi Infeksi Virus Hewan Terhadap Manusia

By Ricky Jenihansen, Kamis, 30 September 2021 | 16:00 WIB
Kecerdasan buatan (AI) dapat membantu para ilmuwan memprediksi virus mana yang lebih mungkin membuat lompatan ke manusia. (Pixabay)

Nationalgeographic.co.id—Para peneliti dari University of Glasgow menggunakan pendekatan baru untuk memprediksi kemungkinan penularan virus hewan pada manusia. Studi tersebut menunjukan bahwa artificial intelligence (AI) menggunakan genom virus dapat memprediksi setiap virus yang menginfeksi hewan akan menginfeksi manusia.

Seperti diketahui, sebagian besar penyakit menular yang muncul pada manusia (seperti COVID-19) bersifat zoonosis, yaitu penyakit yang disebabkan oleh virus yang berasal dari spesies hewan lain. Mengidentifikasi virus berisiko tinggi lebih awal dapat meningkatkan prioritas penelitian dan pengawasan di masa akan datang.

Untuk itulah para peneliti dari University of Glasgow mengembangkan AI untuk memprediksi kemungkinan tersebut. Para peneliti menggunakan fitur urutan virus dan genom manusia untuk mengembangkan model machine learning untuk memprediksi kemungkinan bahwa virus hewan mungkin melompat ke manusia. Rincian penelitian tersebut telah dipublikasikan di jurnal PLOS Biology pada 28 September 2021.