Senyum dari Bantul

By , Sabtu, 28 Juni 2014 | 07:33 WIB

Ada yang bilang, Anda belum jadi seniman kalau belum tinggal di Nitiprayan. Kuper alias kurang pergaulan kalau tidak berkarya di situ, “kongko-kongko” di situ, tidak akrab dengan daerah di situ. “Vibrant”, istilah yang digemari para pengamat urban, terdapat di Nitiprayan.

Padahal, sebelumnya Nitiprayan tak lebih dari desa petani di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Bantul sendiri pada masa lalu adalah idiom ke-ndeso-an, dijadikan bahan olok-olok di Yogya. Anekdot yang sangat terkenal, katanya orang Bantul pipinya gosong sebelah. Soalnya, pagi hari, mereka sepeda kearah utara menuju Yogya.

Saat itu pipi sebelah tertimpa cahaya matahari yang terbit di timur. Sore tatkala mereka kembali ke Bantul, pipi yang sama terkena sengatan matahari yang hendak tenggelam di barat. Jadilah pipi merekah hitam sebelah.

Kini, Bantul adalah energi kreatif Yogyakarta. Untuk urusan industri kreatif yang sekarang diagung-agungkan di mana-mana, jangan-jangan Bantul merupakan wilayah paling bergairan di Asia Tenggara. Khusus bidang seni rupa, tak ada pemilik galeri internasional serta para art dealer yang ayu kinyis-kinyis dan berpenampilan mahal tak kenal Nitiprayan.

Di Kabupaten Bantul inilah terdapat Desa Kasongan, yang menggeliat sejak tahun 1970-an. Waktu itu, seniman Saptohoedojo dan seorang pencinta batik yang juga pandai berdagang Larasati Suliantoro Sulaiman melakukan semacam dorongan terhadap para perajin di situ. Orang tak akan melupakan desain celengan dari gerabah buatan Kasongan, yang merupakan inovasi Saptohoedojo untuk para perajin setempat.  

“Dari awal, perkembangan Kasongan dikaitkan dengan ekonomi,” ucap Timboel Raharjo. Dia adalah doktor, Ketua Program Magister Tata Kelola Seni Pasca Sarjana Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Selain itu, ia juga pengusaha gerabah terkemuka di Kasongan. Tak berlebihan orang menjulukinya “doktor gerabah”. Berambut panjang diikat ke belakang, baju lengan panjang digulung, berdasi, ia menceritakan bagaimana dinamika Kasongan. “Saya habis menguji,” kata TImboel mengapa siang itu mengenakan dasi.

Menurut Timboel, pusat keramaian, ekonomi, kreativitas di Yogya kini menyebar. Terjadi semacam proses desentralisasi. Dulu; orang hanya mengenal Malioboro. Kini, para turis, baik lokal maupun domestik, akan menyinggahi Bantul, Sleman, Kulon Progo, dan lain-lain. Di sejumlah kabupaten itu terdapat desa-desa wisata.

“Semua bisa dijual. Bahkan membikin tempe bisa dijual dengan melatih turis bikin tempe,” ujar Timboel.

Kontemporer

Untuk urusan seni kontemporer, kita kembali ke Nitiprayan. Di sini kita harus menyebut antara lain peran seniman Ong Hari Wahyu, yang sejak tahun 1979 tinggal di Nitiprayan. Ia menciptakan terobosan dengan berbagai kegiatan seni di desa itu. Nitiprayan, yang semula kampung tani, perlahan-lahan berubah menjadi kampung seni.

Proses transformasi Nitiprayan menjadi salah satu tempat paling hip atau paling edgy di Yogya memiliki pola persis bagaimana wilayah-wilayah kreatif di dunia muncul. Ia dirintis seniman atau kalangan kreatif lain, sebelum pihak-pihak lain mengikutinya (ingat: seniman dan individu-individu indepenen, bukan birokrat, pejabat, politikus).

“Dia yang mendekatkan orang setempat dengan habitat seni,” kata perupa Putu Sutawijaya.

Ingin memanfaatkan atmosfer yang ditumbuhkan Ong, maka Putu pun membangun Sangkring Art Space, galeri seni kontemporer yang kini merambah kegiatan apa saja: pameran, pentas musik, studio rekaman, selain kongko-kongko. Sangkring merupakan salah satu destinasi seniman, akademisi, pemilik galeri, pialang seni dari sejumlah kota dunia.