Ikan Zebra Membuat Peta Bahaya di Otak Mereka untuk Menghindari Risiko

By Wawan Setiawan, Sabtu, 2 Oktober 2021 | 16:00 WIB
Studi terbaru ilmuwan mengungkap bahwa ikan zebra dapat memprediksi masa depan untuk menghindari bahaya virtual. (Pixabay)

Nationalgeographic.co.id - Seperti manusia, ikan zebra ini ternyata memiliki model internal lingkungan di otak mereka, atau biasa kita sebut sebagai peta.

Manakala ia sedang menghadapi situasi yang membahayakan, ia akan dengan mudah mengambil sebuah keputusan. Membuat keputusan yang optimal sesuai dengan input sensorik saat ini sangat penting untuk hewan. Prediksi ini membantu mereka melarikan diri ke tempat yang lebih aman.

Walaupun terkadang, prediksi tidak sesuai dengan kenyataan karena kesalahan prediksi. Namun, kesalahan prediksi semacam itu memberi tahu kita bahwa harapan kita meleset. Model internal lingkungan dapat membentuk harapan ini, ikan zebra memiliki hal itu.

Para ilmuwan dari RIKEN Center for Brain Science (CBS) dan kolaborator di Jepang telah menemukan neuron otak tertentu yang memantau apakah prediksi ikan menjadi kenyataan atau tidak.

Neuron ini menghasilkan peta bahaya di otak yang memungkinkan penghindaran risiko secara efisien dan dapat melarikan diri ke tempat yang aman.

Baca Juga: Ilmuwan Jelaskan Kenapa Ikan Mas di Minnesota Bisa Tumbuh Raksasa

Skema setup yang digunakan dalam penelitian ini. Realitas virtual yang disajikan kepada ikan diadaptasi berdasarkan gerakan ekor ikan. Ini memungkinkan ikan merasa seolah-olah mereka berenang di tangki mereka. (RIKEN)

Dilansir dari Tech Explorist, penulis utama studi ini Makio Torigoe berkata, "Kami pikir populasi neuron ini mengodekan kesalahan prediksi di otak, membandingkan pandangan sebenarnya dari lingkungan mereka dengan pandangan prediksi yang telah mereka pelajari akan membuat mereka aman jika mereka berperilaku dengan cara tertentu.”

Para ilmuwan memantau aktivitas otak ini terkait kesalahan prediksi secara real-time saat ikan zebra mempelajari cara menghindar dari bahaya di akuarium mereka. Hasilnya, mereka menemukan bahwa ikan tersebut berusaha menjaga agar kesalahan prediksi tetap rendah untuk menghindari bahaya secara efisien.

Karena penghindaran risiko adalah perilaku yang terjaga secara evolusioner, maka hasil ini menjelaskan sirkuit otak penting yang dimiliki semua vertebrata, termasuk manusia. Ikan zebra memiliki ukuran yang kecil dan tubuh yang transparan,  sehingga mempermudah para ilmuwan untuk merekam aktivitas seluruh otak mereka.

Baca Juga: Kakaktua Kea Perlakukan Dunia Nyata dan Virtual Sebagai Kesetaraan

Hasil penelitian ini sudah dipublikasikan dalam jurnal Nature Communications pada 29 September 2021 yang berjudul Zebrafish capable of generating future state prediction error show improved active avoidance behavior in virtual reality.