Nationalgeographic.co.id—Hewan yang terkenal dengan celotehannya ini adalah salah satu hewan yang pintar. Mereka akan mudah dilatih untuk kepentingan studi yang sedang dikerjakan oleh para ilmuwan.
“Psikologi manusia dan kognisi hewan semakin banyak menggunakan rangsangan virtual untuk menguji kemampuan kognitif, dengan harapan bahwa peserta adalah 'realis naif,' yaitu, bahwa mereka menganggap lingkungan virtual setara dan berkelanjutan dengan kehidupan nyata," kata penulis utama Dr. Amalia Bastos, peneliti dari School of Psychology di University of Auckland, dan rekan-rekannya.
“Namun, belum ada upaya untuk menyelidiki apakah subjek bukan manusia sebenarnya berperilaku seolah-olah proses fisik di dunia virtual dan nyata terus adalah setara.”
“Dengan menghadirkan spesies model yang sangat baik untuk menilai apakah burung kakaktua, dan kemungkinan spesies lain, mungkin menganggap dunia nyata dan virtual secara setara, mengingat mereka dapat menggeneralisasi diskriminasi objek yang dipelajari dari foto dan layar sentuh ke objek nyata dan menampilkan pertunjukan seperti kera dalam berbagai tugas kognitif.”
Dalam studi tersebut, para peneliti melatih sekelompok kea (Nestor notabilis) di Willowbank Wildlife Reserve di Selandia Baru untuk mengoperasikan laptop layar sentuh dengan lidah mereka.
Baca Juga: Penelitian Kakaktua Tanimbar: Si Pembuat Alat Makan di Alam Liar
Mereka kemudian memberi burung beo serangkaian tugas yang terjadi sepenuhnya di dunia nyata, sepenuhnya di layar, atau dengan campuran keduanya.
Pertama, burung-burung mengamati bola asli yang diletakkan di atas jungkat-jungkit yang dimiringkan sehingga bola akan menggelinding ke salah satu dari dua kotak nyata.
Mereka dengan benar menunjukkan di kotak mana mereka pikir bola itu berada dengan cara menyentuhnya dengan paruh mereka.
Mereka kemudian melakukan tugas yang sama dengan benar ketika semua elemen diganti dengan elemen virtual di layar.
Untuk menguji apakah mereka mengharapkan peristiwa fisik yang terjadi di lingkungan virtual berkesinambungan dengan dunia nyata, mereka disajikan dengan versi tugas yang memiliki animasi virtual jungkat-jungkit yang sama seperti sebelumnya, tetapi saat tugas memilih kotak mana yang berisi bola mereka harus memilih kotak tersebut di dunia nyata .
Burung-burung terus memilih kotak tempat bola tampaknya disimpan, yang menunjukkan bahwa mereka mengharapkan peristiwa di layar berlanjut ke dunia nyata.
Source | : | Sci News |
Penulis | : | Agnes Angelros Nevio |
Editor | : | Warsono |
KOMENTAR