Fotosintesis di Awan Venus Mungkin Mendukung Adanya Kehidupan

By Wawan Setiawan, Sabtu, 2 Oktober 2021 | 10:00 WIB
Malam di Venus dalam Inframerah dari pengorbit Akatsuki. (ISAS, JAXA)

Nationalgeographic.co.id - Pencarian tanda-tanda kehidupan di planet Venus masih terus dilakukan oleh para ilmuwan hingga saat ini. Apalagi dengan adanya temuan fosfin di awan Venus yang telah dikonfirmasi sebelumnya. Hal ini telah menghidupkan kembali minat ilmiah di planet tersebut. Sebab, menurut ilmuwan, temuan fosfin bisa menjadi tanda adanya kehidupan di Venus. Benarkah demikian?

Mari kita telusuri sejarah singkatnya. Dalam 2 miliar tahun pertama pembentukannya, Venus mungkin memiliki suhu permukaan yang layak huni dan lautan air cair yang dangkal. Namun beberapa hal mulai berubah karena kedekatannya dengan Matahari. Karena saudara perempuan Bumi ini terlalu dekat dengan matahari, energi bintang - sinar matahari - menguapkan lautan Venus, memecah uap air di atmosfer ini dan mengusir hidrogennya ke luar angkasa. Tanpa air yang tersisa di permukaan planet, karbon dioksida yang terbentuk menyebabkan efek rumah kaca yang tak terkendali yang pada akhirnya menciptakan kondisi Venus saat ini. Suhu di permukaannya mencapai 462 derajat Celcius tanpa uap air dan atmosfer, dengan 96% karbon dioksida - 90 kali lebih tebal dari Bumi.

Kini, dalam sebuah studi baru, para ilmuwan menemukan adanya bukti bahwa awan Venus dapat mendukung proses fotosintesis seperti di Bumi. Menurut hasil analisis, penyaringan sinar matahari melalui awan Venus dapat mendukung terjadinya fotosintesis mirip Bumi di lapisan awan.

Fototrof hipotetis di awan Venus memiliki akses ke energi matahari di siang hari sama seperti di Bumi. Akan tetapi, anehnya, fotosintesis di awan Venus terjadi justru pada malam hari. Menurut tim peneliti, hal ini mungkin disebabkan adanya energi termal atau infra merah yang berasal dari permukaan dan atmosfer Venus.

Struktur beruntun skala besar ditemukan di atmosfer Venus. (Japanese Space Agency)

Dilansir dari Tech Explorist, para ilmuwan mengatakan, “Kondisi kimia awan Venus sebagian dapat terdiri dari bentuk asam sulfat yang dinetralkan, seperti amonium bisulfat. Kondisi kimia ini akan menunjukkan aktivitas air yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan perhitungan Hallsworth dan keasaman yang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan model Venus saat ini.”

Hasil studi mengenai hal ini sudah dipublikasikan dalam jurnal Astrobiology pada 27 September 2021 yang berjudul Potential for Phototrophy in Venus’ Clouds.

Baca Juga: Komet Temuan Terbaru Akan Berpapasan dengan Venus pada Desember 2021

Menurut studi tersebut, radiasi matahari dan termal di awan Venus memiliki panjang gelombang cahaya yang sama dan diserap oleh pigmen fotosintesis. Terlebih lagi, energi cahaya akan tersedia dari bawah dan di atas awan, memberikan peluang bagi mikroorganisme fotosintesis untuk melakukan diversifikasi di seluruh lapisan awan.

Untuk mendukung studi ini, para ilmuwan menggunakan sebuah model transfer radiasi. Model ini telah menunjukkan bahwa lapisan awan bagian tengah dan bawah atas Venus menerima sinar UV secara signifikan lebih sedikit, sekitar 80-90% lebih sedikit fluks UV-A  jika dibandingkan dengan permukaan bumi. Kedua lapisan secara signifikan mengeluarkan radiasi di UV-B dan UV-C, yang mewakili komponen UV yang paling berbahaya.

Siklus hidup hipotesis mikroorganisme Venus. (Seager et al, 2020)

Profesor Biokimia Rakesh Mogul, penulis utama studi tersebut, mengatakan, “Studi kami memberikan dukungan nyata untuk potensi phototrophy dan/atau kemotrofik oleh mikroorganisme di awan Venus.”