Perang Telur 1863, Salah Satu Perang Paling Konyol dalam Sejarah

By Utomo Priyambodo, Kamis, 7 Oktober 2021 | 14:00 WIB
Perang telur mungkin merupakan perang paling konyol dalam sejarah manusia. Perang telur ini sebenarnya bermula dari penemuan benda lain, yakni emas. (Brandon Saito, USFWS/Seabird Protection Network)

 

Nationalgeographic.co.id—Perang Telur pada 1863 mungkin merupakan perang paling konyol dalam daftar panjang perang bodoh yang pernah dilakukan manusia. Perang telur ini sebenarnya bermula dari penemuan benda lain, yakni emas.

Pada 1848, emas ditemukan di Coloma, California, Amerika Serikat. Penemuan ini memicu lebih dari 80.000 orang untuk pergi ke California pada 1849. Kejadian kedatangan banyak orang ke California ini kemudian dikenal sebagai "Deru Emas".

Ratusan ribu penambang membanjiri San Francisco setiap tahun sejak 1849 hingga 1855 dalam perjalanan mereka untuk menggali logam yang berkilau dan bernilai tinggi tersebut. Masuknya banyak orang secara tiba-tiba di California ini menghadirkan tantangan baru, yakni penyediaan makanan dalam jumlah banyak karena orang-orang itu tentunya membutuhkan makanan untuk hidup.