Sindrom Capgras: Saat Anda Berfikir Keluarga Anda Adalah Klona

By Agnes Angelros Nevio, Sabtu, 9 Oktober 2021 | 16:00 WIB
halusinasi (Thinkstock)

Nationalgeographic.co.id-Apa yang akan terjadi jika hal-hal yang akrab tiba-tiba menjadi bentuk yang aneh?

Pada tahun 1923, hampir seabad yang lalu, psikiater Prancis Joseph Capgras menggambarkan kasus  aneh dari Mademoiselle M. Dia mengeklaim bahwa penipu yang tampak persis seperti anggota keluarganya telah menggantikan mereka dan berencana untuk menyakitinya. Dia juga yakin bahwa dia digantikan saat lahir dan sebenarnya pewaris kekayaan besar dan bukan dirinya sendiri.

Joseph Capgras menyebut ini "L'illusion des sosies" atau "ilusi kemiripan", yang sekarang dikenal sebagai Sindrom Capgras. Pasien Capgras menderita serangkaian delusi yang kemudian dikelompokkan di bawah bendera Delusional Misidentification Syndromes atau DMS.

Baca Juga: Berbahaya, Polusi Udara Berkaitan dengan Risiko Depresi dan Bunuh Diri

Apa Itu Delusi ?

Seseorang dikatakan memiliki delusi ketika mereka memegang keyakinan yang jelas salah dengan keyakinan penuh, terlepas dari bukti yang tersedia untuk menentangnya. Mereka benar-benar yakin bahwa kepercayaan palsu mereka, pada kenyataannya, adalah bagian dari kenyataan.

Beberapa delusi yang termasuk dalam DMS adalah:

- Delusi bahwa kerabat atau orang dekat Anda telah digantikan oleh "peran ganda" atau        "penipu" yang terlihat persis seperti mereka dikenal sebagai delusi Capgras.

- Keyakinan bahwa Anda telah digantikan oleh orang lain dikenal sebagai Intermetamorfosis.

- Delusi lain melibatkan pasien yang berpikir bahwa beberapa orang yang mereka temui dalam hidup mereka sebenarnya adalah orang yang sama yang menyamar sebagai banyak orang. Ini dikenal sebagai Sindrom Fregoli.

- Namun delusi lain, yang dikenal sebagai delusi Cotard, meyakinkan pasien bahwa mereka tidak benar-benar hidup, melainkan mati atau membusuk.

Semua delusi ini juga dikenal sebagai delusi penganiayaan, di mana orang tidak dapat membedakan antara kenyataan dan keyakinan salah mereka.