WASP-76b: Planet Ekstrem yang Memiliki Suhu Tinggi seperti Neraka

By Wawan Setiawan, Sabtu, 9 Oktober 2021 | 11:00 WIB
WASP-76b, di sebelah kanan, sepenuhnya diinvestasikan oleh radiasi kekerasan yang dipancarkan oleh bintang terdekatnya. (Michele Diodati)

Nationalgeographic.o.id - Dianggap sebagai Jupiter yang sangat panas - tempat di mana besi menguap, mengembun di sisi malam, dan kemudian jatuh dari langit seperti hujan - planet ekstrasurya WASP-76b yang berapi-api dan seperti neraka ini mungkin bahkan lebih ektrem daripada yang disadari para ilmuwan.

Sebuah tim internasional, yang dipimpin oleh para ilmuwan di Cornell University, University of Toronto, dan Queen's University Belfast, melaporkan penemuan kalsium terionisasi di planet ini. Hal ini menunjukkan bahwa suhu atmosfer lebih tinggi dari yang diperkirakan sebelumnya, atau angin atmosfer atas yang kuat.

Penemuan yang dipublikasikan dalam The Astrophysical Journal Letters pada 28 September 2021 berjudul Detection of Ionized Calcium in the Atmosphere of the Ultra-hot Jupiter WASP-76b itu, dibuat dalam spektrum resolusi tinggi yang diperoleh dengan bantuan Gemini Utara di dekat puncak Mauna Kea di Hawaii.

Mendapat julukan sebagai ‘Jupiter panas’ karena suhunya yang tinggi, hal ini disebabkan kedekatannya dengan bintang-bintangnya.

Baca Juga: Di Planet Luar Tata Surya Ini Sering Terjadi Hujan Besi, Seperti Apa?

Ilustrasi artis ini menunjukkan pemandangan malam hari dari exoplanet WASP-76b. Planet ekstrasurya raksasa memiliki siang hari di mana suhu naik di atas 4.350 derajat Fahrenheit (2.400 derajat Celcius), cukup tinggi untuk menguapkan logam. Angin kencang membawa uap besi ke sisi malam yang lebih dingin di mana ia mengembun menjadi tetesan besi. (ESO/M. Kornmesser)

WASP-76b, ditemukan pada tahun 2016, berjarak sekitar 640 tahun cahaya dari Bumi, tetapi sangat dekat dengan bintang tipe-F, yang sedikit lebih panas dari Matahari, sehingga planet raksasa itu menyelesaikan satu orbitnya setiap 1,8 hari Bumi dan 30 kali lebih dekat ke bintangnya daripada Bumi ke matahari.

Hasil penelitian ini adalah yang pertama dari proyek multi-tahun yang dipimpin Cornell, Exoplanets with Gemini Spectroscopy survey, atau ExoGemS, yang mengeksplorasi keragaman atmosfer planet.

Dalam analisis resolusi tinggi yang diperoleh dari teleskop Gemini Utara, para ilmuwan memperoleh trio garis spektral langka di atmosfer planet ekstrasurya. Garis-garis ini disebabkan oleh kalsium terionisasi di atmosfer atas planet.

Gemini Utara adalah bagian dari Observatorium Gemini internasional, program NOIRLab National Science Foundation.

Dilansir oleh Tech Explorist, anggota penulis Dr. Ray Jayawardhana, Dekan Harold Tanner dari College of Arts and Sciences dan profesor astronomi di Cornell University, menjelaskan: “Saat kami melakukan penginderaan jauh dari lusinan planet ekstrasurya, yang mencakup rentang massa dan suhu, kami akan mengembangkan gambaran lengkap tentang keragaman sejati dunia asing – dari yang cukup panas untuk menampung hujan besi hingga yang lain dengan iklim yang lebih moderat, dari yang lebih besar dari Jupiter hingga yang tidak jauh lebih besar dari Bumi.”

Baca Juga: Pertama Kalinya, Astronom Temukan Bukti Uap Air di Bulan Jupiter