Bunga yang Diketahui sebagai Bunga Matahari, Ternyata Pemakan Daging

By Agnes Angelros Nevio, Jumat, 22 Oktober 2021 | 12:00 WIB
Bunga yang tampak polos ini memiliki bulu-bulu lengket di batangnya yang menjebak dan mencerna serangga kecil. (science news for student)

Nationalgeographic.co.id—Tumbuhan dengan bulu yang berkilau dan lembap, ternyata telah membohongi kita dan baru saja terungkap identitas rahasianya. Ia sebenarnya adalah karnivora.

Spesies asphodel palsu ini terlihat seperti bunga berkelopak putih yang tidak berbahaya. Namun Triantha occidentalis memiliki bulu khusus yang lengket pada batang bunganya. Tumbuhan ini menggunakan bulunya untuk menjerat dan mencerna serangga. Para ilmuwan telah mengetahui tentang tanaman ini sejak tahun 1800-an. Akan Tetapi rasa lapar dagingnya tidak pernah terdeteksi sampai sekarang. Para peneliti melaporkan temuan itu pada 17 Agustus di Proceedings of the National Academy of Sciences.

Rambut lengket tidak terlalu mencolok. Banyak tanaman non-karnivora menggunakannya untuk bertahan melawan hama, kata Sean Graham, seorang ahli botani, ia mempelajari tanaman di University of British Columbia di Vancouver, Kanada.