Bukti Baru Mars Layak Huni, Ada Tanda Interaksi Air di Dasar Kawahnya

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 16 Oktober 2021 | 08:00 WIB
Ilustrasi Kawah Jezero seperti yang terlihat miliaran tahun lalu di Mars, ketika itu masih berupa danau. (NASA)

Nationalgeographic.co.id - Laporan pembaruan tentang hasil awal misi penjelajahan Mars 2020 menunjukkan temuan tanda-tanda interaksi berkelanjutan air di dasar kawah Jezero, Planet Mars. Temuan tersebut merupakan bukti baru yang dapat menjadikan Planet Mars sebagai planet layak huni. Temuan tersebut akan disampaikan dalam pertemuan tahunan Geological Society of America’s Connects 2021 di Portland, Oregon pada Minggu, 10 Oktober 2021.

Seperti diketahui, sejak rover Perseverance mendarat di kawah Jezero di Mars pada bulan Februari, rover dan tim ilmuwannya di Bumi telah bekerja keras menjelajahi dasar kawah yang pernah menjadi danau kuno. Ketekunan dan misi Mars 2020 mencari tanda-tanda kehidupan purba di Mars dan menyiapkan sampel-sampel yang dapat dikembalikan untuk analisis selanjutnya di Bumi.

Dengan rangkaian instrumen on-board berteknologi tinggi dari Perseverance, tim ilmiah telah menganalisis batuan dasar kawah. Temuan tersebut saat ini ditafsirkan sebagai batuan beku, mungkin aliran lava vulkanik.

Katie Stack Morgan, Deputi Ilmuwan Proyek Mars 2020 dan ilmuwan peneliti di Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA akan menyampaikan laporan tersebut dalam pertemuan tahunan tersebut. Ia mengatakan kawah Jezero adalah salah satu dari sedikit situs danau kawah kuno di Mars yang tampaknya memiliki endapan sedimen yang luar biasa serta endapan vulkanik yang dapat membantu kita membangun skala waktu geologis Mars.

Baca Juga: Senasib Bumi, Wajah Mars Terbentuk dari Luapan Banjir Danau-danaunya

Perseverence Rovers mengambil swafoto di atas batuan saat mengebor intinya. (NASA)

"Gagasan bahwa ini bisa menjadi batuan vulkanik sangat menarik bagi kami dari perspektif pengembalian sampel karena batuan beku sangat bagus untuk mendapatkan tanggal usia yang akurat," kata Morgan.

Ia menjelaskan, sistem danau dan sungai yang mengalir ke kawah Jezero kemungkinan aktif sekitar 3,8–3,6 miliar tahun yang lalu. Namun kemampuan untuk secara langsung menentukan usia batuan di laboratorium di Bumi akan memberikan wawasan definitif pertama tentang jendela waktu yang mungkin dimiliki Mars yang mungkin dapat menjadikannya planet yang layak huni.

Menggunakan alat abrasi Perseverance yang menggores permukaan atas batu untuk mengungkapkan batu dan teksturnya. Tim menemukan bahwa lantai kawah tampaknya terdiri dari mineral beku berbutir kasar dan ada juga berbagai garam di bebatuan. Pengamatan juga menunjukkan bahwa air menyebabkan pelapukan ekstensif dan perubahan dasar kawah, yang berarti bahwa batuan terkena air untuk jangka waktu yang signifikan.

Setelah menggunakan alat terpasangnya untuk menganalisis karakteristik dasar kawah, fase selanjutnya adalah Perseverance mengumpulkan sampel batuan menggunakan fitur bornya. Namun, setelah Perseverance menyelesaikan upaya pertama dalam pengeboran, tabung sampel inti kosong. Batu itu kemungkinan menjadi lemah karena interaksi dengan air sehingga getaran dan kekuatan dari bor Perseverance menghancurkan sampel.

Baca Juga: Dengan Mengukur Gempa, Peneliti Mencoba Membedah Isi Planet Mars

Sisa-sisa delta kuno di tepi Kawah Jezero. (ESA)