Hassan Sadpara, Pendaki Gunung Pakistan yang Menjadi Pemandu Wisata Sukses

By , Senin, 25 Agustus 2014 | 14:27 WIB

Hassan Sadpara merupakan pendaki gunung jadi pengusaha tur wisata di Pakistan.

"Mengubah mimpi menjadi kenyataan" begitu bunyi kartu ucapan selamat datang yang ada di kasir sebuah toko di Skardu, Pakistan.

Kartu itu berisi foto berukuran kecil yang menunjukkan empat pose sang pemilik toko di atas puncak pegunungan bersalju.

"Pahlawan nasional Hassan Sadpara: Orang pertama Pakistan yang telah mendaki lima puncak di atas ketinggian 8.000 meter, dan Everest," bunyi kartu itu.

Hassan adalah pria sederhana yang layak disebut pahlawan atas apa yang telah dicapainya selama menjadi pendaki gunung.

Tapi mimpinya untuk membuka usaha belum benar-benar terwujud.

Beberapa tahun yang lalu dia membuka sebuah perusahaan tur wisata tapi kemudian bangkrut. Dan penghasilan yang dia dapat dari dari toko peralatan gunung yang dia impor Nepal dan Tiongkok, membantunya tetap bertahan.

"Lihat barang ini," katanya sambil menunjuk ke deretan ransel warna-warni, pakaian dan sepatu. "Saya memiliki barang-barang yang bagus senilai 10.000 dollar (6.000 pounds), tapi jarang ada yang membeli

Ketika pertama kali dia mendirikan toko ini, pada tahun 1999, Pakistan Utara masih menjadi tujuan wisata yang cukup menarik.

Para wisatawan dari seluruh dunia datang untuk mengunjungi Baltistan, kawasan yang memiliki warisan Tibet dan berbatasan dengan Provinsi Xinjiang, Tiongkok, dan Kashmir, India.

Hassan Sadpara tercatat sebagai pendaki gunung Pakistan yang berhasil menjadi pemandu wisata (Hassan Sadpara via BBC Indonesia)

Skardu, dapat dicapai melalui penerbangan dari Islamabad, tapi para wisatawan lainnya dapat memilih jalur darat dengan melewati Karakoram Highway.

Hassan meninggalkan pekerjaannya sebagai pendaki gunung, setelah usahanya berkembang setelah kedatangan para turis.