Pendraig milnerae, Spesies Baru Dinosaurus Seukuran Ayam dari Wales

By Ricky Jenihansen, Senin, 11 Oktober 2021 | 15:00 WIB
Rekonstruksi kehidupan Pendraig milnerae di antara celah Pant-y-ffynnon dan tiga individu rhynchocephalian lepidosaur Clevosaurus cambrica selama zaman Trias Akhir. (James Robbins)

Nationalgeographic.co.id—Ahli paleontologi Natural History Museum, London dilaporkan telah mendeskripsikan spesies dinosaurus baru seukuran ayam yang dinamai Pendraig milnerae. Dinosaurus tersebut diperkirakan hidup selama zaman Trias Akhir, antara 200 dan 215 juta tahun yang lalu.

Pendraig ditemukan di endapan Trias Akhir Pant-y-ffynnon di Wales selatan. Pendraig merupakan dinosaurus theropoda coelophysoid, dinosaurus karinovora berukuran kecil (sekitar 1-6 meter) dan digambarkan berbulu. Dinosaurus jenis ini merupakan dinosaurus umum pada periode Trias Akhir dan Jurassic Awal dan tersebar di semua benua. Temuan tersebut telah dipublikasikan di jurnal Royal Society Open Science baru-baru ini.

"Pendraig berarti 'Kepala Naga' di Welsh Tengah, referensi untuk kemungkinan posisi spesies tersebut sebagai predator puncak di wilayah tersebut dan penemuannya di Wales, dan milnerae untuk menghormati Dr. Angela Milner," jelas Dr. Stephan Spiekman, ahli paleontologi di Natural History Museum, London dalam rilisnya.