7 Fakta Manfaat Berolahraga

By , Jumat, 28 Oktober 2016 | 10:00 WIB

Berolahragalah secara teratur. Tujuh Fakta mengenai manfaat berolahraga ini akan menginspirasi Anda agar tidak malas untuk berolahraga. 

1. Meningkatkan kapasitas otak 

Ternyata olahraga juga membantu meningkatkan kemampuan otak Anda. “Olahraga mampu meningkatkan level energi dan serotonin di dalam otak. Seretonin adalah hormon di otak yang berfungsi mengontrol mood dan suasana hati serta mengatur pemahaman. Jika serotonin di otak meningkat, maka emosi Anda juga akan lebih stabil,” kata David Atkinson, direktur dari Cooper Venture Development Program, salah satu divisi dari Coopers Aerobci Center di Dallas, Amerika Serikat. Dampaknya di dunia kerja adalah produktivitas Anda akan meningkat karena Anda merasa bahagia di tempat kerja.

2. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Tidak peduli berapa pun berat badan Anda saat ini, rutin berolahraga dapat meningkatkan  high-density lipoprotein (HDL) atau si kolesterol baik dan menurunkan trigliselida atau kolesterol jahat sehingga fungsi jantung dan sistem kardiovaskular bekerja lebih efektif, dan ini dapat mengurangi plak dalam pembuluh darah (yang dapat mempersempit aliran darah).

3. Melawan penuaan

Dengan hanya berolahraga ringan seperti berjalan kaki dapat membantu tubuh mencegah penurunan daya kerja otak pada perempuan lanjut usia, begitu kata Daniel M. Landers, profesor ilmu kesehatan fisik dan olahraga dari Universitas Arizona. Menurut Daniel, semakin lama dan seringnya kegiatan berjalan kaki dilakukan maka ketajaman pikiran juga dapat terpelihara dengan baik.

4. Mencairkan stres 

Ketika stres melanda seringkali kita melakukan hal-hal yang tidak sehat, seperti ngemil camilan yang tinggi kalori, mengonsumsi soft drink, makan, shopping dan sebagainya. Cara ini memang bisa menurunkan kadar stres, namun akibatnya berbahaya bagi tubuh dan kantong Anda. Mengapa tidak Anda alihkan pada olahraga? Berolahraga memberikan efek relaksasi yang baik untuk semua orang karena bisa mengurangi stres dan membuatnya menjadikan Anda pribadi yang lebih bahagia.

5. Melawan penyakit 

Sakit itu mahal.  Karena itu, sedini mungkin kita sebaiknya menjaga kesehatan dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi makanan sehat saja tidak cukup, Anda perlu melengkapinya dengan berolahraga secara teratur. Penelitian menunjukkan bahwa berolahraga dapat memperlambat dan mencegah berbagai macam penyakit, dari penyakit kelas berat seperti jantung, stroke, tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes dan osteoporosis hingga kelas ringan seperti flu.

6. Memperbaiki diet 

Olahraga membuat otot kita berkembang, dan otot membakar lebih banyak kalori daripada lemak tubuh ketika Anda sedang beristirahat. Dengan begitu, menurut Atkinson, semakin banyak otot yang kita miliki, makin baik metabolisme yang kita alami. Selain itu, pembakaran kalori tentu saja tidak terjadi saat kita tubuh dalam kondisi santai, tapi juga saat kita berolahraga. Kalori yang terbakar saat kita bergerak tentu saja lebih banyak daripada saat kita beristirahat. Nah, dengan tingkat metabolisme yang baik, maka pola makan Anda pun jadi ikut sehat. Sehingga, selama tidak terlalu berlebihan, setiap makanan favorit dapat Anda konsumsi.