Kereta Upacara Romawi Ditemukan di Pompeii, Terkubur 2.000 Tahun

By Hanny Nur Fadhilah, Selasa, 12 Oktober 2021 | 12:00 WIB
Para arkeolog menemukan kereta upacara Romawi, yang masih dipertahankan dalam bentuk aslinya yakni bagian depan dan samping gerbong, dengan keempat roda besar masih utuh. Bagian belakang yang melengkung dari kereta dengan atap terbuka menunjukkan di mana penumpang akan duduk. (BBC)

Nationalgeographic.co.id—Para arkeolog telah menemukan kereta Romawi di dekat kota terkubur Pompeii di Italia. Ya, Sebuah kereta upacara itu ditemukan di sebuah vila dekat dengan dinding Pompeii kuno, yang terkubur dalam letusan gunung berapi pada 79 Masehi.

Dikutip Daily Mail, kereta beroda empat yang hampir terpelihara sempurna itu ditemukan di dekat kandang kuda sebuah vila kuno di Civita Giuliana, sekitar 700 meter di utara tembok Pompeii kuno. Kereta itu terbuat dari besi, perunggu, dan timah.

Menurut Direktur Situs Arkeologi Pompeii, Massimo Osanna, kereta itu adalah yang pertama dari jenisnya yang ditemukan di daerah itu. Penggalian sebelumnya telah menghasilkan kendaraan fungsional yang digunakan untuk transportasi dan pekerjaan, tetapi tidak untuk upacara.