Sisa-Sisa V2 Nazi, Roket Supersonik Pertama, Ditemukan di Inggris

By Utomo Priyambodo, Rabu, 13 Oktober 2021 | 13:00 WIB
Lebih dari 800 kilogram sisa-sisa roket V2 yang ditembakkan oleh Nazi Jerman selama Perang Dunia II telah ditemukan di sebuah lahan di Inggris. (Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Lebih dari 800 kilogram sisa-sisa roket V2 yang ditembakkan oleh Nazi Jerman selama Perang Dunia II telah ditemukan di sebuah lahan pertanian di Inggris Tenggara. Dulu, roket itu ditembakkan ke London, tapi kemudian jatuh dan meledak sebelum mencapai sasarannya.

Roket itu meledak pada tengah malam pada 14 Februari 1945. Sisa-sisa seberat 800 kilogram yang ditemukan itu adalah berupa puing-puing logam termasuk fragmen besar ruang bakar roket.

Penemuan tersebut terjadi berkat hasil penggalian terbaru di dekat Platt, sebuah desa dekat Maidstone. Ini adalah penggalian besar keenam dari situs V2 yang dilakukan oleh dua arkeolog konflik bersaudara, Colin dan Sean Welch.

Situs itu sekarang menjadi lahan pertanian terbuka, tetapi dulu tempat itu adalah kebun buah-buahan ketika roket menghantamnya. Lahan itu cukup jauh dari rumah mana pun sehingga tidak ada yang terluka, tetapi seorang wanita tua kemudian mengatakan bahwa suara ledakan tersebut telah merusak pendengarannya, kata Sean Welch.