Dukun dan Klenik dalam Kehidupan Modern Masyarakat di Indonesia

By Galih Pranata, Minggu, 17 Oktober 2021 | 09:00 WIB
Seorang dukun di wilayah Jawa, tengah meracik obat-obatan, diperkirakan tahun 1910-1940. (Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Magis atau klenik adalah bagian yang tidak luput dari sifat-sifat dan karakteristik masyarakat Indonesia. Sejak era kuno, dalam banyak catatan Belanda, masyarakat Jawa sudah dikenal dengan kepercayaannya kepada hal magis, gaib, dan klenik.

Melansir O'Keefe dalam teorinya, pada bukunya yang berjudul Stolen Lightning: The Social Theory of Magic, yang diterbitkan di New York pada 1982, menjelaskan tentang kepercayaan sosial terhadap hal-hal magis yang berkembang di masyarakat. 

"Kepercayaan masyarakat dengan hal magis atau klenik, tidak hanya dapat ditemukan di zaman batu saja, bahkan di setiap zamannya, manusia akan selalu bertalian erat dengan hal-hal yang bersifat magis," tulis Daniel O'Keefe.

"Tuhan tidak hanya menciptakan alam semesta yang dihuni manusia, hewan, dan tumbuhan semata, tetapi juga menciptakan roh atau jin yang tak dapat ditangkap dengan mata telanjang," tambahnya. Inilah yang kemudian melandasi pemikiran kolektif masyarakat Indonesia akan kehadiran magis dan klenik.

Sebagai penggambaran, salah satu riset yang dilakukan oleh Ayatullah Humaeni, ia menyoroti tentang karakteristik masyarakat Indonesia yang memiliki kecenderungan pada ritual dan kekuatan magis. Ia menulisnya dalam jurnal el-Harakah pada tahun 2017. Jurnalnya berjudul Ritual, Kepercayaan Lokal, dan Identitas Budaya Masyarakat Ciomas Banten.

Baca Juga: Mercado de las Brujas, Pasar Penyihir yang Membuat Pengunjung Bergidik

Kehadiran makhluk-makhluk halus juga dipercayai mereka, bahwa makhluk halus itu bisa saja mengganggu kehidupan manusia. "Warga di Ciomas, Banten, memiliki kepercayaan yang masih bertahan hingga sekarang, perihal kegaiban dan hal magis. Adanya campur tangan jin dalam kehidupan nyata di masyarakat," tulisnya.

"Lebih lanjut, kepercayaan terhadap ilmu supranatural juga mendorong masyarakat untuk menggunakan ilmu-ilmu gaib dalam membantu mereka melalui masalah-masalah kehidupan," tambahnya. Melalui ritual-ritual dan formula-formula (berupa pantangan dan prosedur ritual), mereka menganggap dukun sebagai pendorong keberhasilan.

"Masyarakat adat yang masih bertahan dalam kehidupan modern, akan menyambangi dukun untuk meminta bantuan, agar dimudahkan segala urusannya, sehingga dukun akan melalukan komunikasi dengan makhluk-makhluk metafisik, menjalankan budaya supranatural," tambahnya.

Meskipun ajaran Islam telah berkembang sebagai bagian yang menentang hal bersifat syirik (menyekutukan Allah), tetapi adat dan kebudayaan yang turun-temurun dari nenek moyang, tetap tak dapat dipisahkan, sekalipun dalam kehidupan modern.

Lukisan yang menggambarkan situs arkeologikal purba yang menyimpan nuansa klenik. (Wikimedia Commons)

Clifford Geertz dalam catatannya, menyebut bahwa dukun telah menjadi aset bagi kehidupan masyarakat adat di Indonesia. "Ia memainkan peran penting dalam masyarakat. Ia dipercaya mengobati, menangani, dan memberi jampi agar pasiennya dapat menyelesaikan permasalahannya," tulis Geertz. Ia menulis dalam bukunya berjudul Agama Jawa yang diterbitkan pada tahun 2014.