Sejak Kapan Manusia Merokok? Ini Bukti Tertua Penggunaan Tembakau

By Agnes Angelros Nevio, Rabu, 13 Oktober 2021 | 16:00 WIB
Para arkeolog menemukan biji tembakau hangus di sisa-sisa perapian di Gurun Great Salt Lake di Utah, yang berusia lebih dari 12.000 tahun. Di sini, Kelly McGuire sedang menggali di perapian. (Livescience)

Nationalgeographic.co.id—Benih hangus yang ditemukan di gurun Utah menjadi bukti nyata penggunaan tembakau paling awal yang diketahui manusia, menurut sebuah penelitian baru, bukti ini menyatakan bahwa beberapa orang pertama yang tiba di Amerika menggunakan tanaman tersebut.

“Penemuan ini mengungkapkan bahwa manusia menggunakan tembakau hampir 10.000 tahun lebih awal dari yang diperkirakan sebelumnya,” kata para peneliti.

Dari semua tanaman memabukkan yang digunakan dan disalahgunakan manusia, tembakau bisa dibilang memiliki dampak sosial dan ekonomi yang paling kritis, kata para ilmuwan dalam studi baru tersebut. Ini sering memainkan peran sakral, seremonial atau medis di antara suku Maya kuno dan kelompok pribumi Amerika lainnya, dan itu membantu mendorong ekonomi kolonial Amerika dan dengan demikian ekspansi Barat di seluruh dunia modern.