Penampakan Topeng Prasejarah Menyerupai Alien Berusia 6.000 Tahun

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 16 Oktober 2021 | 16:00 WIB
Patung 'Alien' tanpa mulut ditemukan di bukit pemukiman garam Chalcolithic akhir dekat Provadia Bulgaria. (Histecho)

 

Nationalgeographic.co.id - Topeng tanah liat prasejarah atau patung tanpa mulut yang menyerupai manusia, hewan, serta “alien” telah ditemukan arkeolog. Penemuan itu ditemukan selama penggalian arkeologi terbaru dari Provadiya-Solnitsata (The Salt Pit) Settlement Mound di Bulgaria Timur Laut. Tempat tersebut juga dikenal sebagai kota tertua di Eropa.

Banyak artefak mengesankan yang ditemukan dalam penggalian terbaru di permukiman Salt Pit. Namun yang paling mencuri perhatian adalah topeng tanah liat prasejarah tanpa mulut atau patung dari Kalkolitik Akhir, yaitu periode sebelum 4.000 SM.

Penelitian ini dipimpin oleh Prof. Vasil Nikolov dari Institut Nasional dan Museum Arkeologi di Sofia sekaligus wakil kepala Akademi Ilmu Pengetahuan Bulgaria.

"Banyak yang menyamakannya (topeng atau patung) dengan “alien” dalam pakaian luar angkasa," ujarnya.

Topeng atau patung tanpa mulut prasejarah dari Zaman Kalkolitik Akhir (Aeneolitikum, Zaman Tembaga) itu memiliki bentuk kira-kira segitiga. Sisi depannya menonjol dan memiliki gambar wajah yang diduga manusia. Sementara sisi belakangnya penyok, dan berbentuk kasar.

Baca Juga: Topeng Berusia 9.000 Tahun Ditemukan, Diduga untuk Ritual Pemujaan

Topeng 'alien' prasejarah berusia lebih dari 6.000 tahun diyakini menjadi simbol status. (Histecho)

Masing-masing dari dua sudut sisi atas topeng atau patung prasejarah memiliki tonjolan pendek yang mencuat, "mungkin telinga bergaya", kata tim arkeologi.

"Telinga" dari patung "alien" memiliki lubang kecil yang mungkin digunakan untuk memasukkan benang dan memakai atau menggantung artefak.

Tim arkeologi menunjukkan bahwa ciri-ciri wajah yang digambarkan pada topeng atau patung aneh dari milenium ke-5 SM dibentuk melalui garis potong yang memisahkan courser dan bagian yang dipoles.

“(Wajah) memiliki alis berbentuk, hidung bergaya, dan mata elips. Artefak itu kemungkinan besar adalah simbol status yang tergantung di dada orang yang pantas mendapatkannya. Sangat menarik bahwa artefak itu bahkan memiliki sedikit mulut,” tim arkeologi menjelaskan.

Baca Juga: Shabti, Patung Simbol Pelayan Bangsa Mesir Kuno di Alam Baka

“Itu tentu bukan kebetulan dan memiliki simbolisme tersendiri. Penekanannya adalah pada mata— bentuknya, ukurannya, serta garis vertikal di bawahnya mengatakan lebih banyak daripada mulut yang hilang,” para peneliti menguraikan.

“Menatap mereka (mata topeng prasejarah), seseorang merasakan kekuatan, keunggulan, kebijaksanaan. Sangat mengherankan bahwa ketika gambar ini dilihat dari sudut yang berbeda, seseorang memperhatikan jejak dari emosi yang berbeda,” tambah tim.

“Ada kemungkinan bahwa ini bukan efek yang diinginkan tetapi, lebih tepatnya, (persepsi) melalui pandangan masa kini. Meskipun demikian, topeng Kalkolitik Akhir ini hanyalah permata lain di mahkota penemuan yang ditemukan di kota tertua dan pusat penambangan garam di benua Eropa,” simpul tim arkeologi yang dipimpin oleh Prof. Vasil Nikolov.