Ketika Hendak Keluar Afrika, Rute Migrasi Manusia Lebih Kompleks

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Rabu, 13 Oktober 2021 | 14:00 WIB
Orang Afrika memiliki genetika yang menjadi petunjuk asal-usul manusia. Diyakini sebelum keluar Afrika, manusia modern memiliki rute migrasi yang lebih kompleks. (Difa Restiasari)

Nationalgeographic.co.id—Berbagai penelitian tentang sejarah manusia di belahan dunia mengungkap rute migrasi leluhur kita meninggalkan Afrika. Banyak temuan menarik, seperti sebelumnya bagaimana fosil manusia modern tertua ditemukan di Sulawesi Selatan, yang bisa menjelaskan migrasi leluhur kita ke Australia atau berkelana di kepulauan Samudera Pasifik.

Meski demikian, masih belum jelas bagaimana rute migrasi dan titik asal manusia modern berasal di Afrika. Lewat penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Human Genetics, Jumat (08/10/2021), para peneliti menyempurnakan skenario migrasi keluar dari Afrika lebih rinci.

Para arkeolog dan ahli genetika sepakat, semua manusia modern berasal dari suatu tempat di Afrika sekitar 300 ribu tahun yang lalu. Perpindahan kependudukan yang menempati seluruh tempat di dunia terjadi sekitar 60 hingga 70 ribu tahun lalu.