Kenapa Serial Squid Game yang Kejam Digandrungi oleh Banyak Orang?

By Utomo Priyambodo, Selasa, 19 Oktober 2021 | 09:00 WIB
Poster serial Squid Game. (Netflix)

Nationalgeographic.co.id—Jika kamu yang sudah nonton serial film Squid Game di Netflix, kamu pasti setuju bahwa ini adalah film yang kejam, kalau bukan sangat kejam. Bagaimana tidak, 444 dari 456 peserta permainan dalam film tersebut mati secara brutal.

Iya, 444 peserta kecuali si tokoh utama yang akhirnya memenangkan permainan dan tokoh kakek pemain 001 yang ternyata orang di balik permainan ini. Ups, spoiler alert!

Meski terlihat kejam, serial Squid Game justru menjadi salah satu acara Netflix yang paling populer. Sejak tayang perdana pada 17 September, film thriller Korea Selatan telah menjadi fenomena global. Penontonnya meningkat 481% dalam waktu kurang dari sebulan, dan tagar #SquidGame telah dilihat lebih dari 22,8 miliar kali di TikTok.

Banyak alasan mengapa Squid Game begitu digandrungi banyak orang. Beberapa di antaranya adalah cerita serial ini memang menarik: ada tokoh-tokoh yang dengan karakter yang kuat, ada konflik dan permasalahan atau tantangan yang jelas keras, serta ada tujuan yang hendak dicapai. Selain itu, ada juga beberapa plot twist dalam serial ini.

Lebih dari itu, para aktor dan aktris dalam serial ini juga berakting dengan baik. Dan juga, visual dalam serial ini sangat menarik. Latar tempat permainan dan kostum yang dipakai para pemain dan penyelenggara permainan dalam serial ini sungguh mencolok mata.

Namun dari sisi psikologis, kehebohan serial film ini tetaplah menimbulkan pertanyaan khusus: Mengapa banyak orang begitu terobsesi dengan pertunjukan yang kejam tentang penderitaan orang lain?

Para tokoh dalam Squid Game memakai kostum yang mencolok. (Netflix)

Baca Juga: Melihat Harimau Berkantung Terakhir Sebelum Dinyatakan Punah

Yang terlihat di permukaan, Squid Game sebenarnya bercerita tentang ketertarikan yang sudah lama ada dengan gagasan untuk bertahan hidup dalam permainan. Film-film distopia seperti The Hunger Games dan Maze Runner memiliki kesamaan dengan Squid Game karena mengadu domba para perseta di arena pertempuran. Film-film horor seperti Ready or Not, Saw, dan Battle Royale juga memiliki kemiripan dengan Squid Game karena punya sudut pandang kamera mengikuti tokoh protagonis utama yang harus bertahan dari tantangan teror.

Dalam serial Squid Game, kita akan menonton tayangan yang mengikuti kehidupan tokoh utama Seong Gi-hun dan 455 peserta dewasa lain yang dililit utang yang dibawa pergi ke sebuah pulau untuk memainkan enam putaran permainan anak-anak. Jika mereka bertahan, mereka memenangkan 45,6 miliar won atau sekitar Rp541,6 miliar. Jika mereka kalah, mereka mati dengan cara yang mengerikan dan tidak manusiawi.

Serial Squid Game ini secara tersirat memperlihatkan setidaknya ada dua kelompok manusia dalam hidup ini. Yang pertama adalah sekelompok miliarder yang mencari kesenangan voyeuristik mereka sendiri. Sementara kelompok lainnya adalah orang-orang yang berpenghasilan rendah atau miskin yang kondisi keuangannya tidak stabil dan kehidupannya selalu menderita. Masalah ketidaksetaraan ekonomi semakin meningkat karena diperburuk oleh kondisi pandemi global selama 1,5 tahun tekakhir.

Dalam serial Squid Game ini, banyak penonton yang ikut bersimpati pada orang-orang miskin yang terpaksa ikut permainan mengerikan itu demi melunasi utang mereka. "Orang-orang dapat mengidentifikasi dengan perasaan seolah-olah mereka bukan kelas penguasa, tetapi yang kelas bawah atau tertindas," ujar Eric Bender, seorang psikiater anak, remaja, dewasa, dan forensik, seperti dikutip dari Bustle.

Grace Jung, lulusa UCLA dengan gelar PhD dalam Studi Film dan Media, menjelaskan bahwa di bawah kapitalisme, imbalan yang dijanjikan untuk investasi waktu dan uang —dari pinjaman sekolah hingga magang yang belum dibayar hingga hipotek— tidak pernah berpihak untuk orang-orang yang berpenghasilan rendah.

"Itu adalah resonansi besar [dari Squid Game]," kata Jung. "Utang membuat semua orang merasa rentan dan cemas dan putus asa."

Keputusasaan adalah hal yang mendorong para peserta Squid Game untuk bersaing. Meskipun mereka diberi pilihan untuk meninggalkan permainan di awal pertunjukan, mereka semua akhirnya kembali memutuskan tetap melanjutkan permainan karena menyadari bahwa mengais di dunia nyata tanpa cara yang layak untuk keluar dari kemiskinan mungkin lebih buruk daripada mempertaruhkan kematian untuk mendapatkan hadiah yang bisa mengubah hidup mereka.

 

Para tokoh Squid Game bersaing dalam permainan yang brutal. (Netflix)

Baca Juga: Adanya Bias Mengerikan Membuat Kita Meremehkan Rasa Sakit Orang Miskin

Dari perspektif ini, kebrutalan dalam Squid Game justru menambah elemen ketegangan yang memicu adrenalin. "Kekerasan itu benar-benar memberi tanda seru pada elemen perjuangan manusia," kata Praveen Kambam, seorang pskiater anak, remaja, dan forensik.

"[Itu] menunjukkan seberapa jauh orang-orang ini bersedia untuk pergi … Mereka lebih suka menanggung tingkat kekerasan ini, atau kemungkinan kekerasan, daripada berurusan dengan sistem di luar permainan."

Selain mengeksplorasi sisi psikologis manusia yang mudah cemas dan putus asa saat memiliki utang menumpuk, Squid Game juga memiliki format permainan yang mengerikan yang menambah daya pikat serial ini. Membandingkan keluguan permainan masa kanak-kanak dengan pengetahuan bahwa sesuatu yang sadis akan terjadi, telah menciptakan disonansi kognitif yang "memperkuat kengerian dan rasa ketidakberdayaan" yang kita rasakan saat menonton, ujar Pamela Rutledge, seorang psikolog media.

Hal lain yang menjadi daya tarik dari Squid Game dari sisi psikologis adalah adanya harapan dalam diri tokoh-tokohnya. Melihat para kontestan bertahan dari permainan melelahkan yang brutal, dapat membuat perjuangan kita sendiri tampak mungkin untuk diatasi, menurut Pamela Rutledge.

Baca Juga: Dalam Enam Bulan 10 Juta Orang Terpaksa Mengungsi karena Bencana Iklim

Cupilkan serial Squid Game. (Netflix)

Hidup yang di Luar Kendali

Eric Bender menambahkan bahwa ketika dia melihat anak-anak dalam terapi, jelas bahwa mereka "tidak mengendalikan hidup mereka." Jadi ketika kita melihat orang-orang dewasa yang dipaksa untuk memainkan permainan anak-anak, itu seperti meja diputar dan "tiba-tiba mereka adalah anak-anak yang tidak memegang kendali."

Serial ini juga mengambil premis ketidaknyamanan kuno dalam permainan anak-anak. "Ada seseorang yang ditinggalkan, seseorang yang tidak memiliki tempat duduk ketika musik berhenti, seseorang yang dibuat merasa seolah tidak melakukan pekerjaan dengan cukup baik," ujar Bender.

Squid Game menangkap perasaan yang menyiksa itu dan memainkannya dengan cara yang semakin cerdas. Dan apakah wahanan permainan itu jika bukan mikrokosmos dunia bisnis yang kejam di bawah kapitalisme?