Apakah yang Terjadi Ketika Ada Dua Galaksi yang Saling Melintasi?

By Wawan Setiawan, Rabu, 20 Oktober 2021 | 19:00 WIB
Studi baru astronom India menemukan bahwa ketika dua galaksi saling terbang lintas, kedua struktur mereka akan berubah. (Pixabay)

Nationalgeographic.co.id—Meskipun alam semesta ini luas, namun ia terisi oleh banyak galaksi yang mungkin jumlahnya belum bisa kita pastikan. Galaksi-galaksi ini bergerak pada jalur lintasannya masing-masing. Sama halnya dengan kondisi jalan raya, jika kendaraan yang berlalu lalang semakin padat, ada kalanya akan saling bersenggolan, ataupun bertabrakan.

Begitu pula dengan galaksi. Di lingkungan alam semesta yang penuh sesak ini, galaksi dapat terbang melewati satu sama lainnya. Terkadang, mereka bisa bertabrakan dan bergabung. Ketika fenomena seperti itu terjadi, otomatis hal itu akan memengaruhi dinamika dan morfologi galaksi-galaksi tersebut.

Galaksi yang berpapasan, tentu jauh berbeda dengan galaksi yang bergabung. Ketika jarak mereka saling berdekatan, mereka akan mengerahkan tarikan gravitasi yang luar biasa kuatnya satu sama lain, lalu kemudian mereka akan menjauh di jalurnya masing-masing.