Migrasi Tidak Lagi Sepadan, Akibat Perubahan Iklim dan Tekanan Manusia

By Wawan Setiawan, Sabtu, 23 Oktober 2021 | 12:00 WIB
Kawanan burung yang bermigrasi di langit musim dingin yang cerah, namun mereka tidak menyadari apa dampak buruknya bagi mereka. (MATT GIBSON)

Nationalgeographic.co.id - Menurut studi baru para ilmuwan yang diterbitkan dalam jurnal Trends in Ecology & Evolution pada 24 September 2021 berjudul Animal migration to northern latitudes: environmental changes and increasing threats, menerangkan bahwa saat ini, hewan yang bermigrasi ke utara untuk berkembang biak terancam oleh perubahan iklim yang sedang berlangsung dan meningkatnya tekanan manusia, kehilangan keuntungan lebih awal untuk migrasi, menurun jumlahnya, dan bernasib jauh lebih buruk daripada rekan-rekan mereka.

Banyak hewan, termasuk mamalia, burung, dan serangga bermigrasi jauh ke utara untuk berkembang biak, mengambil keuntungan dari makanan berlimpah musiman, lebih sedikit parasit dan penyakit, dan relatif aman dari pemangsa.

Namun, tim peneliti internasional, termasuk ilmuwan dari University of Bath, menemukan perubahan iklim dan peningkatan tekanan manusia telah mengikis manfaat ini dan dalam banyak kasus menyebabkan keberhasilan reproduksi yang lebih rendah dan kematian yang lebih tinggi pada spesies yang bermigrasi.

Para peneliti memperingatkan bahwa berkurangnya keuntungan migrasi jarak jauh berpotensi menimbulkan konsekuensi serius bagi struktur dan fungsi ekosistem.

Melansir Tech Explorist, Dr Vojtěch Kubelka, penulis terkemuka dan mantan Peneliti Tamu di Pusat Evolusi Milner University of Bath, mengatakan, "Temuan ini mengkhawatirkan. Kami telah hidup dengan anggapan bahwa tempat berkembang biak di utara mewakili pelabuhan yang aman bagi hewan yang bermigrasi. Sayangnya, kini menjadi sebaliknya, banyak situs beriklim Arktika dan utara sekarang dapat mewakili perangkap ekologis atau lingkungan terdegradasi yang lebih buruk untuk beragam hewan migrasi, termasuk burung pantai, karibu, atau pun kupu-kupu."

Baca Juga: Penelitian Ini Lacak Pola Migrasi Paus Biru Kerdil untuk Konservasi

Beruang Kutub yang terdampar di darat baru-baru ini meningkatkan tekanan pemangsaan pada burung-burung yang bermigrasi seperti angsa Brant ini. (Vojtěch Kubelka)

Para ilmuwan menyoroti 25 penelitian terbaru, yang menjelaskan bagaimana migrasi menjadi kurang menguntungkan bagi berbagai hewan darat, termasuk karibu, burung pantai, dan kupu-kupu Monarch, yang bermigrasi lebih dari 1.000 kilometer selama musim panas ke daerah beriklim sedang dan kutub utara untuk berkembang biak, lalu kembali ke selatan di musim dingin.

Bepergian jarak jauh seperti itu sangatlah mahal dalam hal energi tetapi manfaat pasokan makanan, lebih sedikit penyakit dan predator berarti manfaatnya lebih besar daripada biayanya, tetapi para peneliti mengatakan ini tidak lagi terjadi pada banyak populasi.

Sementara beberapa hewan mungkin menggeser rentang perkembangbiakan mereka sedikit lebih jauh ke utara untuk mengimbangi perubahan kondisi lingkungan, hewan yang bermigrasi dirancang untuk melanjutkan perjalanan berbahaya setiap tahun untuk berkembang biak, meskipun tidak ada manfaatnya.

"Lemming dan tikus dulunya merupakan sumber makanan utama bagi predator seperti rubah di Arktika, tetapi musim dingin yang lebih ringan dapat menyebabkan hujan salju turun dan kemudian membeku kembali, mencegah lemming mencapai makanan mereka. Dengan lebih sedikit lemming dan tikus untuk dimakan, rubah memakan telur dan anak burung dari burung yang bermigrasi,” kata Kubelka.

Pasokan dan ketersediaan makanan di utara mungkin secara iklim tidak cocok dengan reproduksi hewan yang bermigrasi, menimbulkan kematian keturunan yang lebih tinggi, seperti yang dijelaskan untuk banyak burung yang bermigrasi.