Serigala Jepang Misterius Mungkin Merupakan Nenek Moyang Anjing

By Agnes Angelros Nevio, Senin, 25 Oktober 2021 | 15:00 WIB
Ilustrasi serigala Jepang yang berasal dari awal abad ke-19 (Science.org)

Nationalgeographic.co.id—Jika Anda berjalan melalui hutan gelap di Jepang kuno, Anda mungkin berharap bertemu dengan okuri-ōkami, serigala yang akan mengantar Anda dengan selamat ke tujuan Anda. Makhluk cerita rakyat ini mungkin didasarkan pada serigala Jepang, hewan seukuran anjing collie dengan kaki pendek dan telinga pendek yang hidup di Jepang selama ribuan tahun sampai manusia memusnahkannya pada awal abad ke-20.

Sekarang, para ilmuwan yang mempelajari DNA purba dari tulang serigala ini mengatakan bahwa mereka mungkin telah memecahkan misteri lama dari mana asalnya: populasi serigala abu-abu yang lenyap di Asia Timur yang juga memunculkan anjing modern.

"Ini adalah studi yang sangat mendalam dan teliti," kata Peter Savolainen, ahli genetika di Royal Institute of Technology di Stockholm yang tidak terlibat dalam penelitian ini. Penelitian itu, katanya, menambahkan bukti pada gagasan bahwa anjing muncul di Asia Timur, seperti yang dia dan peneliti lain duga, daripada di Eropa atau Timur Tengah, seperti yang diusulkan beberapa ahli.