Kenali Para Pemimpin Al Qaida Saat Ini

By , Senin, 8 Desember 2014 | 23:40 WIB

Al-Qaida terus mengalami perubahan seiring tewasnya sejumlah pimpinan tinggi mereka—termasuk tentu saja kematian Osama Bin Laden pada 2011. 

Fokus geografis militan ini juga berubah, seiring berkembangnya kelompok militan ISIS atau yang mengklaim sebagai Negara Islam. (Baca juga Tokoh Militer Senior Al-Qaeda Tewas)

Inilah sejumlah profil para tokoh penting al-Qaida

Ayman al-Zawahiri 

Ayman al-Zawahiri disebut sebagai pemimpin baru al-Qaida pada 16 Juni 2011, beberapa pekan setelah kematian Osama Bin Laden. 

Dalam pernyataannya, al-Qaida berjanji untuk meneruskan upaya jihad mereka di bawah pimpinan baru melawan Amerika dan pembantunya Israel dan siapa saja yang mendukung mereka. 

Zawahiri dulu menjabat sebagai kepala ideologi dan dipercaya oleh sejumlah pakar terorisme sebagai "otak operasi" peristiwa 11 September 2001 di Amerika. 

Ayman al-Zawahiri (AFP via BBC Indonesia)

Zawahiri adalah nomor dua di belakang Bin laden dalam daftar 22 teroris paling dicari yang diumumkan oleh pemerintah AS pada 2001. 

Salah satu istri dan dua anaknya tewas dalam sebuah serangan udara di akhir 2001. 

Pada Juni 2013, Zawahiri meminta kelompok militan ISIS atau yang mereka klaim sebagai Negara Islam meninggalkan Suriah dan fokus ke Irak saja. 

Pada Febuari 2014, al-Qaida memutuskan total semua hubungan mereka dengan kelompok ISIS. 

Nasser Abdul Karim al-Wuhayshi