Apakah Lego Dapat Membantu Menyelamatkan Terumbu Karang di Singapura?

By Sysilia Tanhati, Rabu, 27 Oktober 2021 | 16:00 WIB
Selain tahan lama, Lego yang memiliki permukaan yang datar dan stabil. Kestabilan inilah yang dibutuhkan invertebrata dan koral untuk tumbuh. ()

Nationalgeographic.co.id—Sebuah eksperimen ilmiah penting yang melibatkan terumbu karang dan invertebrata laut sedang dilakukan di Singapura. Uniknya, eksperimen ini dilakukan dengan menggunakan Lego untuk proyek peremajaan terumbu karang.

Koral diikatkan pada Lego yang memiliki permukaan yang datar dan stabil. Kestabilan inilah yang dibutuhkan invertebrata dan koral untuk tumbuh.

“Lego yang dapat dilepas terbukti sangat berguna dalam membantu kami menahan koral dan kerang raksasa di tempatnya.” jelas Neo Mei Lin, ahli biologi kelautan terkemuka dan peneliti senior dari Institut Ilmu Kelautan Tropis Universitas Nasional Singapura.

Pendekatan yang unik menguntungkan Neo dan rekannya Jani Tanzil, sesama ilmuwan kelautan di institut tersebut. Bersama-sama mereka memelopori proyek peremajaan terumbu karang untuk merevitalisasi dan memulihkan populasi koral Singapura. Reklamasi daratan utama selama beberapa dekade, pembangunan pesisir, dan aktivitas pelabuhan menjadi penyebab utama rusaknya terumbu karang di negara itu.