Ilmuwan Ceko Meracik Bir Mengikuti Resep Berusia 3.000 Tahun

By Utomo Priyambodo, Jumat, 29 Oktober 2021 | 10:00 WIB
Pembuatan bir herbal berdasarkan resep lama dari 3.000 tahun lalu. (East Bohemian Museum in Pardubice)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah penemuan arkeologi di Ceko menunjukkan tampaknya bir millet herbal tertua di dunia dulu diracik di Bohemia. Penemuan ini didapat saat para arkeolog Ceko mempelajari bejana perunggu berusia 3.000 tahun.

Bejana perunggu itu ditemukan empat tahun lalu di sebuah hutan di dekat Kladina, dekat kota Pardubice di Bohemia Timur. Bejana itu dihiasi dengan motif cakram matahari dan angsa, dan diyakini telah disembunyikan di bawah tanah sebagai persembahan kepada para dewa.

Para arkeolog Ceko telah mengeksplorasi isi bejana tersebut. Mereka bahkan telah menyimpan lapisan material dalam bejana itu untuk penelitian lebih lanjut.

"Para arkeolog melihat sisa-sisa sedimen di dasar ketika mereka mengeluarkan bejana itu dari tanah. Ada sisa kotoran baik di dalam maupun di luar. Ahli kimia yang mengambil sampel tersebut mengira itu bisa jadi biji-bijian sereal, dan dia menemukan bekas kandungan kimia dari millet," ujar Martin Golec, salah satu arkeolog yang meneliti bejana tersebut.