Temuan 500 Situs Ritual Kuno Ungkap Asal Usul Peradaban Mesoamerika

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 30 Oktober 2021 | 10:00 WIB
Arkeolog menggali bagian tengah Aguada Fenix, monumen Maya terbesar dan tertua yang pernah ditemukan. (Takeshi Inomata)

Nationalgeographic.co.id - Tim peneliti internasional yang dipimpin oleh University of Arizona melaporkan penemuan hampir 500 kompleks upacara atau ritual bangsa Maya. Tim tersebut adalah tim yang sama yang melaporkan penemuan monumen Maya terbesar dan tertua, Aguada Fenix pada tahun 2020. Kompleks ritual yang ditemukan saat ini, meski lebih kecil, memiliki fitur dan bentuk yang sama dengan Aguada Fenix.

Temuan kali ini, telah mengubah pemahaman sebelumnya tentang asal usul perdaban Mesoamerika dan hubungan antara Olmec dan orang-orang Maya. Temuan tim dirinci dalam makalah baru yang diterbitkan dalam jurnal Nature Human Behavior pada 25 Oktober 2021.

Menggunakan data yang dikumpulkan melalui teknik pemetaan laser udara yang disebut lidar, para peneliti mengidentifikasi 478 kompleks di negara bagian Tabasco dan Veracruz di Meksiko. Lidar menembus kanopi pohon dan mencerminkan bentuk tiga dimensi fitur arkeologi yang tersembunyi di bawah vegetasi. Data lidar dikumpulkan oleh organisasi pemerintah Meksiko Instituto Nacional de Estadística y Geografía dan mencakup area 32.800 mil persegi, yang ukurannya hampir sama dengan pulau Irlandia.

Data lidar yang tersedia untuk umum memungkinkan peneliti untuk mempelajari area yang luas. Sebelum kemudian mereka menindaklanjuti dengan lidar resolusi tinggi untuk mempelajari situs yang diminati secara lebih rinci.

Takeshi Inomata, Profesor antropologi University of Arizona yang memimpin penelitian mengatakan, bahwa lidar yang tersedia untuk umum sedang mengubah arkeologi. "Tidak terpikirkan untuk mempelajari area sebesar ini sampai beberapa tahun yang lalu," kata Inomata kepada University of Arizona News.

Baca Juga: Monumen Tertua dan Terbesar Peninggalan Suku Maya Terungkap

Aguada Fenix (Takeshi Inomata)

Dijelaskan, situs yang baru ditemukan ini terletak di area yang luas yang meliputi wilayah Olmec dan dataran rendah Maya barat. Kompleks ini kemungkinan dibangun antara 1100 SM dan 400 SM dan dibangun oleh berbagai kelompok hampir satu milenium sebelum masa kejayaan peradaban Maya antara 250 dan 950 M. Ada perdebatan lama mengenai apakah peradaban Olmec mengarah pada perkembangan peradaban Maya ataukah Maya berkembang secara mandiri.

Para peneliti menemukan bahwa kompleks berbagi fitur serupa dengan pusat paling awal di daerah Olmec, San Lorenzo, yang puncaknya antara 1400 dan 1100 SM. Aguada Fenix ​​di daerah Maya dan situs terkait lainnya mulai mengadopsi bentuk San Lorenzo dan meresmikannya sekitar 1100 SM.

Sementara itu, di San Lorenzo, tim juga menemukan ruang persegi panjang yang sebelumnya tidak dikenal. "Situsnya besar secara horizontal tetapi tidak secara vertikal. Orang-orang akan berjalan di salah satunya dan tidak akan memperhatikan ruang persegi panjangnya, tapi kita bisa melihatnya dengan lidar dengan sangat baik," kata Inomata.

Menurut peneliti, situs-situs yang ditemukan tersebut kemungkinan digunakan sebagai situs pertemuan ritual. Situs tersebut termasuk ruang terbuka, pusat yang besar di mana banyak orang dapat berkumpul dan berpartisipasi dalam ritual. Para peneliti juga menganalisis orientasi setiap situs dan menemukan bahwa situs-situs tersebut tampaknya sejajar dengan matahari terbit pada tanggal tertentu.

Baca Juga: Pemindaian LIDAR Mengungkap Rahasia Tersembunyi Piramida Teotihuacan