Ketahui Tantangan Para Penyelam Saat Mengangkat Ekor Pesawat QZ8501

By , Jumat, 9 Januari 2015 | 08:17 WIB

Setelah ekor pesawat AirAsia QZ8501 ditemukan, tantangan selanjutnya yang harus dihadapi oleh tim SAR gabungan adalah mengangkatnya ke permukaan. Penyelaman pun harus dilakukan untuk merencanakan skenario terbaik dalam pengangkatan ini.

Namun, penyelaman ini bukan sebuah kegiatan yang tanpa risiko. Apalagi, lumpur memenuhi kedalaman Selat Karimata. Ini menjadikan jarak pandang hanya nol meter.

Tapi lumpur bukan satu-satunya tantangan yang dihadapi para penyelam. Kepala Dinas Penyelaman Bawah Air (Kadislambair) Armada Wilayah Barat (Armabar) TNI Angkatan Laut, Letkol Laut (T) Ferdy Hendarto Susilo mengatakan, tantangan lain yang harus dihadapi oleh seorang penyelam adalah penyakit dekompresi (decompression sicknes).

Dekompresi merupakan momok bagi setiap penyelam, bahkan untuk seorang profesional sekalipun. Ferdy menjelaskan, secara medis decompression sickness diartikan sebagai suatu keadaan ketika terjadi akumulasi nitrogen yang masih terlarut setelah menyelam, dan membentuk gelembung udara yang menyumbat aliran darah serta sistem syaraf.

Lalu, kenapa menjadi momok?

"Dekompresi itu seperti keadaan di mana kita seperti mau dijemput 'bidadari'," kata Ferdy saat berbincang dengan sejumlah awak media di Lanud Iskandar, Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Kamis (8/1).

Rabu (7/1/2015) ini Basarnas memastikan bagian ekor pesawar AirAsia QZ8501 telah ditemukan di perairan Selat Karimata. (BASARNAS)

Ia mengungkapkan, ketika seorang penyelam mengalami dekompresi, maka penyakit yang ditimbulkan pun beragam, tergantung di mana penyumbatan nitrogen itu terjadi. Jika penyumbatan terjadi di tulang belakang, maka penyelam itu berisiko mengalami lumpuh. Sedangkan, jika penyumbatan terjadi di otak, maka akan menyebabkan seorang penyelam pingsan hingga akhirnya meninggal dunia akibat kehabisan oksigen.

!break!

Dua cara atasi dekompresi

Untuk mengatasi persoalan dekompresi ini, TNI Angkatan Laut punya berbagai cara untuk mengatasinya. Cara modern yang dapat dilakukan adalah menggunakan alat bernama chamber decompression. Alat ini sejenis ruang berbentuk tabung yang memberikan oksigen murni bertekanan tinggi kepada seorang penyelam. Chamber decompression ini berfungsi untuk menetralisir sumbatan nitrogen yang berada di dalam tubuh.

"Sekarang kita sudah kirim chamber portable ke lokasi di mana para penyelam kita melakukan penyelaman," katanya.

Sementara itu, menurut Komandan Tim Penyelam TNI AL, Kapten Laut Pelaut Edi Tirtayasa, ada cara lain yang lebih mudah untuk mengatasi persoalan dekompresi. Cara itu adalah dengan cara membuat simpul selam.

Tim penyelam dari Basarnas menyiapkan perlengkapan selam di atas kapal SAR KN101 Purworejo, di tengah perairan Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Jumat (2/1). Pencarian kembali mengalami kendala akibat ketinggian ombak mencapai hingga lima meter. (Kompas.com/Roderick Adrian Mozes)