Mumi Tarim Zaman Perunggu di Tiongkok, Apa Keunikan Budaya Tarim?

By Agnes Angelros Nevio, Senin, 29 November 2021 | 11:00 WIB
Mumi Tarim yang ditemukan pada abad ke-20 di Xinjiang barat Tiongkok (Live Science)

Nationalgeographic.co.id-Mumi Tarim yang misterius dari wilayah Xinjiang barat Tiongkok adalah peninggalan budaya Zaman Perunggu yang unik yang diturunkan dari orang-orang Tiongkok, dan bukan cabang terpencil dari orang Indo-Eropa awal, menurut penelitian genetik baru.

Studi baru ini membalikkan lebih dari satu abad asumsi tentang asal-usul orang-orang prasejarah di Cekungan Tarim yang secara alami mempertahankan sisa-sisa manusia, dikeringkan oleh gurun, menyiratkan kepada banyak arkeolog bahwa mereka adalah keturunan dari Indo-Eropa yang telah bermigrasi ke wilayah tersebut. dari suatu tempat lebih jauh ke barat sebelum sekitar tahun 2000 SM

Tetapi penelitian terbaru telah mematahkan teori itu, mereka adalah kelompok yang terisolasi secara genetik yang tampaknya tidak berhubungan dengan bangsa tetangga mana pun.

"Mereka begitu penuh teka-teki," kata rekan penulis studi Christina Warinner, seorang antropolog di Universitas Harvard di Massachusetts dan Institut Max Planck untuk Ilmu Sejarah Manusia di Jerman. "Sejak mereka ditemukan hampir secara tidak sengaja, mereka telah menimbulkan begitu banyak pertanyaan, karena begitu banyak aspek dari mereka yang unik, membingungkan atau kontradiktif."

“Penemuan terbaru menghadirkan pertanyaan baru yang hampir sama banyaknya dengan jawaban mereka tentang orang Tarim”, kata Warinner dilansir dari Live Science.

"Ternyata, beberapa teori utama tidak benar, jadi sekarang kita harus mulai melihat ke arah yang sama sekali berbeda," katanya.

Mumi gurun

Penjelajah Eropa menemukan mumi Tarim pertama di gurun yang sekarang disebut Tiongkok barat pada awal abad ke-20. Penelitian terbaru berfokus pada mumi dari kompleks makam Xiaohe di tepi timur Gurun Taklamakan.

Sisa-sisa mumi yang diawetkan secara alami, dikeringkan oleh gurun, dianggap oleh beberapa antropolog memiliki fitur wajah non-Asia, dan beberapa tampaknya memiliki rambut merah atau pirang. Mereka juga mengenakan pakaian wol, kain kempa, dan kulit yang tidak biasa di wilayah tersebut.

Budaya Tarim juga unik. Orang-orang sering menguburkan jenazah mereka di peti kayu berbentuk perahu dan menandai pemakaman dengan tiang tegak dan spidol berbentuk dayung. Beberapa orang dikubur dengan potongan keju di leher mereka - mungkin sebagai makanan untuk kehidupan setelah kematian.

Halaman berikutnya...