Hasil Studi Beri Petunjuk Kehidupan Sosial Kucing Bergigi Pedang

By Maria Gabrielle, Rabu, 3 November 2021 | 09:00 WIB
Ilustrasi kucing bergigi pedang sedang memangsa korbannya. ( La Brea Tar Pits)

Nationalgeographic.co.id—Kucing bergigi pedang (Smilodon fatalis) merupakan salah satu hewan purba yang populer. Ribuan fosil Smilodon fatalis ditemukan di kubangan aspal Rancho La Brea, Los Angeles, Amerika Serikat.

Predator dari Zaman Pleistosen Akhir ini termasuk salah satu hewan purba yang kerap dipelajari. Dilansir dari Sci News, sebuah tim peneliti telah merekonstruksi dan menganalisis morfologi tulang eksternal dan internal dari tulang pinggung yang cacat milik Smilodon fatalis.

Hewan yang punah sekitar 10.000 tahun lalu ini memiliki ukuran yang mengesankan, diketahui panjangnya sekitar 175 sentimeter. Sedangkan beratnya berkisar antara 160 hingga 280 kilogram. Maka dari itu dia memangsa hewan lain yang memiliki ukuran besar pula seperti bison dan unta untuk bertahan hidup.

Seperti kucing besar yang masih hidup, hewan purba ini membutuhkan kaki belakang yang kuat untuk bergerak dengan cepat dan dari lompatan awal hingga pergulatan untuk menjatuhkan mangsa besar dibutuhkan pinggul yang sehat. Studi saat ini berpusat pada spesimen Smilodon fatalis yakni tulang innominate kanan yang menunjukkan distorsi besar dan kehancuran soket pinggul – hal tersebut digambarkan sebagai “objek patologis paling mencolok dalam koleksi fosil Rancho La Brea”.