Arkeolog Temukan Sisa-Sisa Dua Kerajaan yang Terlupakan di Arab Saudi

By Utomo Priyambodo, Kamis, 4 November 2021 | 11:00 WIB
Arkeolog menggali sisa-sisa Dadan dan Lihyan, dua kerajaan kuno yang terlupakan di Arab Saudi. (REUTERS/Ahmed Yosri)

Nationalgeographic.co.id—Dadan dan Lihyan, dua kerajaan kuno yang telah lama terlupakan di Arab Saudi, telah ditemukan. Kini para arkeolog sedang menggali sisa-sisa dua kerajaan kuno itu di tengah gurun gersang dan pegunungan Al Ula di barat laut Arab Saudi.

Tim arkeolog dari Prancis dan Arab Saudi sekarang sedang berfokus pada penggalian lima situs yang berdekatan di Al Ula, yang mereka yakini terkait dengan peradaban Dadan dan Lihyan itu. Kedua kerajaan itu merupakan kekuatan regional penting yang berkembang 2.000 tahun yang lalu.

Kerajaan Dadan disebutkan dalam Perjanjian Lama. Adapun kerajaan Lihyan adalah salah satu kerajaan yang terbesar pada masanya. Kerajaan ini membentang dari Madinah di selatan hingga Aqaba di utara di Yordania modern, menurut Komisi Kerajaan Saudi yang menangani proyek penggalian arkeologi tersebut.

Kerajaan-kerajaan itu mengendalikan rute perdagangan penting kira-kira selama 900 tahun hingga tahun 100 Masehi. Namun masih sangat sedikit yang para peneliti ketahui terkait dua kerajaan kuno itu.