Bayi Anjing Laut Berkomunikasi dengan Trik Vokal Seperti Manusia

By Agnes Angelros Nevio, Rabu, 10 November 2021 | 09:00 WIB
Bayi anjing laut. (David Doubilet/National Geographic)

Nationalgeographic.co.id—Selain menggemaskan dan menjadi bagian penting ekosistem laut, bayi anjing laut mungkin memiliki kemampuan yang tidak biasa. Mereka dapat mengubah nada suara mereka agar lebih dipahami, seperti yang dilakukan manusia, sebuah studi baru menemukan.

Seorang manusia atau hewan yang menggunakan sifat ini disebut "vokal plastik," yang berarti menyesuaikan sinyal vokal mereka sebagai respons terhadap perubahan lingkungan yang tumpang tindih atau menutupi suara mereka, menurut penelitian yang diterbitkan Senin lalu di jurnal Philosophical Transactions of The Royal Society B.

“Mampu berkomunikasi dengan jelas dan akurat penting untuk peluang kawin, melarikan diri dari pemangsa, dan pembelajaran sosial,” tulis para peneliti.

Para peneliti memiliki sejumlah alasan untuk menguji kemampuan vokal bayi anjing laut. Kemampuan langka untuk meniru suara baru—pembelajaran vokal—telah terlihat sebelumnya di antara anjing laut pelabuhan dewasa dan beberapa spesies mamalia lainnya, menurut penulis. Dan sangat sedikit mamalia yang memiliki kapasitas untuk mengubah nada suara mereka menjadi lebih tinggi atau lebih rendah, yang sangat penting untuk komunikasi manusia.

Halaman selanjutnya...