Apa yang Bisa Membunuh Galaksi? Amankah Bimasakti dari Pembunuh Ini?

By Wawan Setiawan, Rabu, 10 November 2021 | 13:00 WIB
VERTICO - Survei mengamati reservoir gas di 51 galaksi di dekat Gugus Virgo dan menemukan bahwa lingkungan ekstrem di gugus itu membunuh galaksi dengan merampas bahan bakar pembentuk bintang mereka. (ALMA (ESO/NAOJ/NRAO)/S. Dagnello (NRAO)/Böhringer et al. (ROSAT All-Sky Survey))

Nationalgeographic.co.id—Ini merupakan satu kasus detektif astrofisika terbesar. Di wilayah paling ekstrem di Alam Semesta, galaksi sedang dibunuh. Pertanyaan yang ingin dijawab para ilmuwan adalah, apa yang membunuh mereka?

Dalam sebuah penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh tim peneliti global berbasis di International Centre for Radio Astronomy Research (ICRAR), berusaha menjawab pertanyaan itu. Studi mereka telah mengungkapkan bahwa fenomena yang disebut ram-pressure stripping lebih lazim daripada yang diperkirakan sebelumnya, mendorong gas dari galaksi dan mengirim mereka ke kematian dini dengan merampas materi untuk membuat bintang baru.

Kini, sebuah studi kelanjutan yang juga berusaha menjawab pertanyaan ini telah dilaporkan dalam arXiv Astrophysics pada 01 November 2021 berjudul VERTICO: The Virgo Environment Traced In CO Survey.

Halaman berikutnya...