Fenomena Operasi Plastik Zaman Kuno: dari Kecantikan sampai Hukuman

By Galih Pranata, Kamis, 4 November 2021 | 10:00 WIB
Ilustrasi yang menggambarkan operasi plastik pada abad ke-19 yang dilakukan kepada seorang wanita dengan luka bakar di wajah. (Universal History Archives/Getty Images)

Nationalgeographic.co.id—"Plastikos" agaknya menjadi istilah yang lekat digunakan dengan tren kecantikan modern, untuk menyebut prosedur oplas atau operasi plastik. Istilah itu memiliki arti mengubah atau memberi bentuk.

Penggunaan plastikos yang merupakan istilah dari Yunani, kemudian menjadi populer untuk menyebut pada operasi perubahan bentuk tubuh manusia. Berangkat ke zaman dahulu kala, saat beberapa bukti operasi rekonstruktif pernah dilakukan sejak zaman kuno.

Prosedur operasi plastik tertua diperkirakan sudah ada sejak zaman Mesir Kuno. Catatan berjudul Edwin Smith Papyrus, berkisah tentang temuan teks medis Mesir kuno. "Teks tersebut berisi studi kasus terperinci untuk berbagai cedera dan diagnosis," tulis Holland.

Oscar Holland menjelaskan tentang manuskrip kuno kepada CNN Style dalam artikelnya berjudul From ancient Egypt to Beverly Hills: A brief history of plastic surgery. Artikelnya dipublikasikan pada Mei 2021.