Ilmuwan Selidiki Peristiwa Kepunahan Terbesar Kedua dalam Sejarah Bumi

By Ricky Jenihansen, Selasa, 9 November 2021 | 11:00 WIB
The Late Ordovician mass extinction (LOME) adalah kepunahan massal terbesar kedua dalam sejarah bumi (Pinterest)

Nationalgeographic.co.id—Kepunahan massal yang dialami dinosaurus bukanlah satu-satunya kepunahan yang terjadi dalam sejarah bumi. Setidaknya ada lima kepunahan massal paling signifikan yang diketahui dan dikenal sebagai 'big five'. Kepunahan massal adalah peristiwa ketika setidaknya tiga perempat dari semua spesies di seluruh Bumi menghadapi kepunahan selama periode waktu geologis tertentu.

Dengan tren pemanasan global dan perubahan iklim saat ini, banyak peneliti sekarang percaya bahwa kita mungkin berada di urutan keenam. Menemukan akar penyebab kepunahan massal Bumi telah lama menjadi topik hangat bagi para ilmuwan. Karena memahami kondisi lingkungan yang menyebabkan hilangnya sebagian besar spesies di masa lalu berpotensi membantu mencegah peristiwa serupa terjadi di masa depan.

Sekarang, sebuah penelitian baru dari tim ilmuwan internasional berupaya menyelidiki peristiwa kepunahan massal terbesar kedua dalam sejarah bumi yang disebut the Late Ordovician mass extinction (LOME) atau Kepunahan Ordovisium-Silur. Kepunahan tersebut merupakan yang pertama dari kepunahan massal 'big five' terjadi 445 juta tahun yang lalu dan ditandai dengan hilangnya 85 persen spesies laut.

Halaman selanjutnya...