7 Perempuan Penggerak Perubahan

By , Selasa, 21 April 2015 | 08:00 WIB

Semangat Kartini telah menginspirasi jutaan perempuan di Indonesia, termasuk 7 perempuan yang turut menggerakkan perubahan di berbagai isu ini. Melalui petisi online di Change.org, ketujuh perempuan ini memulai kampanye digital dan memberi dorongan kepada sejumlah pembuat kebijakan agar lebih berpihak kepada rakyat.

Ketujuh perempuan itu di antaranya:

1. Anis Hidayah

Anis Hidayah. (change.org)

Anis Hidayah adalah Direktur Migrant Care, organisasi yang fokus pada advokasi dan penguatan gerakan buruh migran. Perempuan yang baru saja menerima penghargaan Yap Thiam Hien ini memulai kampanye untuk menyelamatkan TKW Wilfrida asal NTT yang terancam hukuman mati di Malaysia. 

2. Ganis Rumpoko

Ganis Rumpoko (change.org)

Ganis Rumpoko adalah penggemar klub bola Arema Malang yang memulai petisi change.org/Arema yang hingga kini didukung lebih dari 2.000 orang. Anak perempuan Walikota Malang ini meminta agar pengelola Arema FC menginformasikan pengelolaan dan legalitas Arema secara transparan.

3. Davina Veronica

Davina Veronica (change.org)

Model dan supporter kehormatan WWF Indonesia ini memiliki perhatian yang tinggi terhadap kesejahteraan hewan. Perempuan ini turut mengampanyekan petisi change.org/DogsAreNotFood bersama organisasi pecinta hewan lain seperti Jakarta Animal Aids Network (JAAN) and Animal Friends Jogja (AFJ).

4. Nunu Husein

Nunu Husein (change.org)

Nunu Husien adalah aktivis lingkungan yang juga aktif dalam kampanye thalassemia dan penyelamatan satwa. Di akhir tahun lalu ia memulai petisi change.org/SaveSophie untuk menyelamatkan kapal karam Sophie Rickmers yang telah menjadi rumah terumbu karang dan objek wisata selam di Aceh.