Apakah Hewan Juga Bisa Bersin Seperti Manusia? Inilah Penjelasannya

By Agnes Angelros Nevio, Kamis, 11 November 2021 | 17:00 WIB
Foto seekor anjing sedang bersin ()

Nationalgeographic.co.id—Kita semua telah menjumpai setidaknya satu orang dalam hidup kita yang bersin dengan suara keras dan rasanya seperti embusan angin yang lewat setiap kali mereka bersin. Tidak akan mengejutkan Anda bahwa selain manusia, banyak hewan juga bersin! Bersin mereka mungkin tidak terasa seperti badai—kecuali jika itu berasal dari gajah. Akan tetapi, kebanyakan hewan bersin sebagai respons terhadap iritasi hidung.

Alasan Dibalik Bersin pada Hewan

Bersin adalah refleks sebagai respons terhadap iritasi di saluran hidung bagian atas, seringkali pada lapisan lendir saluran hidung. Ini adalah cara membersihkan iritasi dari saluran pernapasan dengan tanpa sadar meniup udara dari paru-paru melalui hidung dan mulut.

Debu, serbuk sari, lendir atau halangan lainnya dapat mengiritasi saluran hidung. Selain itu, bau kuat yang mengiritasi hidung, alergi, infeksi, parasit hidung kecil yang dikenal sebagai tungau hidung, atau bahkan perubahan kondisi eksternal, seperti penurunan suhu yang tiba-tiba atau paparan cahaya terang, dapat menyebabkan hewan bersin.

Biasanya kucing bersin karena flu kucing yang disebabkan oleh virus. Feline herpesvirus tipe 1 (FHV-1) atau Feline calicivirus (FCV) adalah penyebab utama flu kucing. Anjing dapat menggunakan bersin sebagai bentuk komunikasi dengan manusia dan hewan lainnya. Mereka bahkan menggunakannya sebagai tanda untuk menunjukkan bahwa mereka bersemangat dan siap bermain dengan bersin.

Halaman selanjutnya...