Apakah Simpanse Pintar Menyimpan Rahasia?

By , Jumat, 29 Mei 2015 | 13:00 WIB

Kita semua telah melakukannya. Ada sebatang cokelat di laci dapur, dan teman serumah Anda tidak mengetahuinya, jadi kalau Anda diam, maka Anda dapat memakan semuanya.

Apakah Anda benar-benar akan mengungkap rahasia itu?Mungkin tidak. Ternyata simpanse juga tidak akan membuka rahasia.

Penelitian baru menunjukkan kera dapat memilih untuk mengungkap lokasi persediaan makanan tersembunyi, atau menyimpannya.

Bila seseorang datang yang kemungkinan besar akan memberikan makanan tersebut kepada simpanse, maka ia mau mengungkap lokasi makanan yang disembunyikan.

Tetapi bila orang itu tampaknya akan mengambil makanan untuk ia sendiri, simpanse bersikap pura-pura malu.

Anak kecil sedang bermain dengan seekor simpanse di salah satu cagar alam di Kenya. (Michael Nichols, National Geographic Creative)

Para ilmuwan sudah mengetahui bahwa simpanse dapat menyimpan rahasia dalam keadaan-keadaan tertentu.

Misalnya, simpanse muda cenderung tidak mengonsumi makanan yang disembunyikan bila simpanse yang lebih berpengaruh ada di sekitarnya, karena simpanse yang berkuasa akan mengambilnya.

Tetapi tak seorang pun tahu jika simpanse dapat menyesuaikan strategi-strategi, tergantung siapa yang mengawasi.

Apakah simpanye dapat memilih untuk mengungkap atau menyembunyikan makan yang disimpan, tergantung apakah simpanse-simpanse lain kemungkinan besar akan membantu mengambilnya atau mencurinya untuk dimakan sendiri?

"Tidak jelas apakah tingkah laku menyembunyikan itu adalah tipu muslihat yang disengaja, dan juga tidak jelas apakah tingkah laku tersebut diterapkan secara fleksibel," kata Katja Karg dari Max Planck Institute for Evolutionary Anthropology, Leipzig, Jerman.

(Ilustrasi, Thinkstock)

Bersama kolega-koleganya, Karg mulai mencari tahu. Ia menguji ketrampilan menyimpan rahasia yang dimiliki oleh sekelompok simpanse yang hidup di sebuah cagar alam di Uganda.