Penemuan Koin Kuno Inggris Diduga Tertua di Situs Cupids Cove, Kanada

By Maria Gabrielle, Senin, 15 November 2021 | 11:00 WIB
Koin perak langka ini seukuran dengan nickel atau uang koin lima sen Amerika Serikat. (Cupids Cove Plantation Provincial Historic Site)

Nationalgeographic.co.id—Temuan menarik telah didapatkan dari situs bersejarah Cupids Cove, bagian timur Newfoundland, Kanada. Para arkeolog menemukan koin perak yang diduga merupakan koin Inggris tertua yang pernah ditemukan di negara itu.

Situs Cupids Cove diketahui sebagai pemukiman Inggris pertama di Kanada. Dilansir dari BBC, koin perak langka ini seukuran dengan nickel atau uang koin lima sen Amerika Serikat, dan lebih kecil sedikit dari koin Inggris 10 pence yang memiliki diameter 24,5 milimeter.

Koin kuno tersebut dikenal dengan nama Henry VII half groat atau potongan dua sen, diyakini telah dicetak lebih dari 520 tahun yang lalu. Menteri Pariwisata, Budaya, Seni dan Rekreasi provinsi setempat, Steve Crocker, mengemukakan pendapatnya mengenai temuan ini.

“Sungguh luar biasa membayangkan bahwa koin ini dicetak di Inggris dan hilang di Cupids selama ratusan tahun. Ini menghubungkan kisah eksplorasi awal Eropa di provinsi itu dan awal pemukiman Inggris,” ujar Steve Crocker.

Sebuah tim arkeolog lalu mempelajari koin tersebut, berkonsultasi dengan mantan kurator bank dan memutuskan bahwa koin tersebut telah dicetak di Canterbury antara tahun 1493 dan 1499. William Gilbert, kepala arkeolog yang memimpin penggalian di situs tersebut sejak tahun 1995 memuji penemuan koin kuno ini sebagai penemuan besar.

Halaman berikutnya...