Sering Bersendawa? Ketahui Sebabnya

By , Minggu, 21 Juni 2015 | 13:30 WIB

Sendawa merupakan hal yang umum dialami oleh semua orang. Sendawa dalam bahasa kedokteran adalah proses pelepasan dari dalam perut melalui mulut yang bisa ditandai dengan adanya suara dan udara yang keluar.

Umunya, bersendawa terjadi setelah makan atau karena menderita gangguan pada lambung. Akan tetapi, jika Anda terus menerus bersendawa bisa jadi hal tersebut merupakan adanya masalah pada saluran pencernaan. Nah, berikut beberapa penyebab dari kondisi tersebut:1. Kebiasaan makan yang buruk

Kebiasaan mengonsumsi makanan yang berlemak, makanan olahan dan makanan yang siap saji bisa menjadi penyebab gas berlebihan yang menimbulkan sendawa. Selain itu, makanan dengan kadar asam yang tinggi pun bisa menjadi penyebab sendawa.

2. Menelan udara terlalu banyak (aerophagia)

Tanpa disadari, kita sering kali menelan udara. Umumnya, udara yangberlebihan data menelan dapat masuk ke dalam pencernaan karena konsumsi minuman bergas atau kebiasaan makan terlalu cepat. Tidak hanya itu, minum menggunakan sedotan juga dapat menjadi penyebab aerophagia. 

3. Penyakit pencernaan

Penyakit pencernaan yang berada di saluran pencernaan dapat membuat sendawa yang terus menerus. Beberapa penyakit tersebut diantaranya:

4. Kehamilan

Gejala lain yang menyebabkan seseorang sering sendawa adalah kehamilan. Hal ini terjadi karena proses pencernaan yang melambat karena relaksasi otot pada pencernaan dipengaruhi oleh hormon progesterone. Selain itu, wanita yang sedang hami pun mengalami buang angin yang konstan, perut kembung dan sendawa yangterus mnerus.

Namun Anda tak perlu khawatir, beberapa hal berikut perlu Anda ketahui terjadinya sendawa. Jika sendawa disebabkan oleh:

-    Jangan bernafas melalui mulut dan makan dengan mulut terbuka

-    Jangan merasa selalu gugup atau cemas karena kondisi tertentu

-    Batasi konsumsi minuman yang terkabonasi