Orang Etruria Kuno Bertakhta Sebagai Raja-raja Romawi Pertama

By Agnes Angelros Nevio, Kamis, 18 November 2021 | 17:00 WIB
Etruria awal memiliki pengetahuan seni, pertanian, dan metalurgi yang maju, membuat beberapa sejarawan percaya bahwa peradaban itu berasal dari tempat lain sebelum menetap di tempat yang sekarang disebut Italia. ()

Nationalgeographic.co.id—Sebelum kejayaan Roma, orang Etruria menguasai sebagian besar wilayah yang sekarang disebut Italia. Bahkan beberapa raja Roma pertama berasal dari Etruria. Mungkin Etruria telah mendirikan negara kota yang akan mendominasi sebagian besar dunia yang dikenal selama berabad-abad.

Dengan bahasa yang unik dan sebagian besar masih belum diketahui, peradaban awal ini secara substansial berbeda dari masyarakat Zaman Besi lainnya. Faktanya, Etruria memiliki pengetahuan canggih tentang pertanian, pengerjaan logam, dan patung yang sangat memengaruhi budaya Yunani dan Romawi kuno.

“Ini pertama kali dikenal sebagai negara adidaya di Mediterania Barat,” Ujar Ben Turner dilansir dari Live Science. Bangsa Etruria berkembang selama berabad-abad, hanya untuk ditaklukkan oleh Romawi pada abad ketiga SM dan berasimilasi sepenuhnya ke dalam Republik Romawi oleh 90 SM.

Selama beberapa generasi, para peneliti bertanya-tanya siapa orang Etruria itu dan dari mana mereka berasal. Pada awal abad kelima SM, sejarawan Yunani Herodotus menulis bahwa orang-orang yang penuh teka-teki pertama kali tinggal di negeri yang jauh sebelum bermigrasi ke Semenanjung Italia.

Sekarang, sebuah survei genetik telah mengkonfirmasi asal-usul Etruria, menunjukkan bahwa mereka adalah bangsa lokal—dan membuktikan bahwa Herodotus salah. Analisis DNA baru, yang dipusatkan pada 82 individu yang hidup antara 800 SM dan 1000 M, menunjukkan bahwa orang-orang kuno ini memiliki banyak gen yang sama dengan tetangga Romawi mereka.

Para peneliti mengumpulkan sampel genetik dari kerangka yang ditemukan di seluruh bekas wilayah Etruria, yang membentang di Tuscany di Italia utara dan bagian tengah semenanjung, serta pulau Corsica.

Halaman berikutnya...