Kegagalan Bertubi-tubi Homo Sapien Saat Mencoba untuk Menetap di Eropa

By Agnes Angelros Nevio, Selasa, 16 November 2021 | 11:00 WIB
Penggambaran Homo sapiens, atau manusia modern ()

Nationalgeographic.co.id—Manusia modern pernah beberapa kali melakukan upaya gagal untuk menetap di Eropa sebelum akhirnya mengambil alih benua itu. Ini adalah kesimpulan mencolok dari ilmuwan yang telah mempelajari jalannya Homo sapien eksodus dari Afrika puluhan ribu tahun yang lalu.

Para peneliti baru-baru ini menunjukkan situs-situs di Bulgaria, Rumania, dan Republik Ceko di mana sisa-sisa nenek moyang kita diperkirakan berusia antara 40.000 hingga 50.000 tahun. Namun, analisis tulang telah menghasilkan profil genetik yang tidak ada bandingannya di antara orang Eropa modern.

“Pemukiman awal ini tampaknya diciptakan oleh kelompok manusia modern awal yang tidak bertahan hidup untuk mewariskan gen mereka,” kata Profesor Chris Stringer dari Natural History Museum, London. “Mereka adalah garis keturunan spesies kita yang hilang.

“Poin penting adalah bahwa kematian pemukim manusia modern awal ini berarti Neanderthal masih menduduki Eropa selama beberapa ribu tahun sebelum Homo sapiens akhirnya mengambil alih benua.”