Apakah Penyebab Kucing Takut dan Benci Beriteraksi dengan Air?

By Agnes Angelros Nevio, Rabu, 17 November 2021 | 08:00 WIB
Inilah Alasan mengapa kucing tidak suka air (AL PETTEWAY AND AMY WHITE, Nat Geo Image Collection)

Nationalgeographic.co.id-Mimpi buruk terbesar setiap pemilik kucing adalah mengajak teman berbulu mereka untuk mandi. Berbeda dengan sepupu yang lebih besar dari keluarga kucing (harimau, singa), yang suka berenang di perairan hutan belantara, kucing rumahan yang lebih kecil tampaknya tidak suka berada di dekat air. Ironisnya, kita juga sering melihat kucing menjulurkan cakarnya dengan rasa ingin tahu untuk bermain dengan air keran atau air mancur yang mengalir.

Jadi, apa sebenarnya hubungan antara kucing dan air? Apakah kucing memiliki fobia berada di dekat air, atau apakah mereka hanya benci mandi, seperti kebanyakan dari kita pada saat hujan?

Sementara seluruh skenario antara kucing dan air terlihat seperti hubungan tarik-ulur yang konyol, ada beberapa fakta ilmiah menarik di balik keengganan kucing terhadap air.

Nenek Moyang Kucing

Nenek moyang dan evolusi kucing memainkan peran besar dalam perilaku mereka terhadap air. Nenek moyang awal kucing domestik dapat ditelusuri kembali ke Era Neolitik (10.000 tahun yang lalu).

Selama era ini, di wilayah yang disebut "Bulan Sabit Subur" di Timur Tengah, nenek moyang manusia kita mulai bereksperimen dengan pertanian. Saat mereka mulai mengumpulkan dan menyimpan biji-bijian, tikus dan hewan pengerat datang untuk mendapatkan bagian mereka. Ini awal kedatangan nenek moyang kucing, Felis silvestris lybica (kucing liar Afrika) kepada manusia. Hewan liar ini mendekat ke pemukiman manusia untuk berburu tikus.

Kucing-kucing ini membantu mengendalikan hewan pengerat dan terbukti berharga dan mengutungkan bagi manusia. Jadi, ketika para petani awal mulai bermigrasi dari Timur Tengah ke belahan dunia lain, mereka membawa serta teman-teman berbulu mereka. Beginilah cara kucing memulai ekspedisi global mereka.

Singkatnya, nenek moyang kucing berasal dari Timur Tengah dan Mesir, tempat yang panas, gersang, dan kering. Kucing peliharaan yang paling awal adalah hewan dari gurun yang memiliki sedikit kontak dengan air. Jadi, secara alami, tubuh mereka tidak beradaptasi untuk berada di dalam air. Ini adalah alasan utama mengapa kucing tidak suka air.