Benarkah Ada Dinosaurus Cebol?

By , Jumat, 26 Juni 2015 | 13:45 WIB

Bayangkan seekor dinosaurus; sauropod seperti Brachiosaurus atau Diplodocus, salah satu binatang paling besar yang pernah hidup di daratan.

Raksasa pemakan tanaman yang sebenarnya, dengan leher panjang dan berekor. Sekarang bayangkan dinosaurus yang sama mengecil menjadi seukuran sapi.

Mungkin kedengarannya aneh, tetapi binatang seperti itu benar-benar pernah hidup. Fosil dalam jumlah yang cukup mengejutkan memastikan bahwa dinosaurus memang hidup dalam bentuk kerdil. Kehadiran mereka tidak hanya memberikan pandangan mendasar tentang evolusi dinosaurus, hal ini bahkan mungkin membantu menjelaskan mengapa dinosaurus besar tidak ada yang bertahan hidup sekarang.

Si kerdil dari Transylvania

Cerita aneh tentang dinosaurus kerdil memiliki sejarah yang panjang, dimulai di Transylvania pada akhir abad ke-19.

Franz Nopcsa, seorang bangsawan setempat, menjadi tertarik dengan fosil yang ditemukan di tanah keluarganya.

Dia memperlihatkan temuannya kepada seorang ahli geologi terkemuka, yang mengidentifikasi fosil tersebut sebagai dinosaurus. Nopcsa sangat gembira.

Dia mulai mengkaji dinosaurus, dan tidak lama kemudian dia menyadari bahwa ada sesuatu yang aneh: semuanya, lain dari biasa, sepertinya kecil ukurannya.

Setelah lebih banyak mengetahui dinosaurus, Nopcsa menyadari bahwa salah satu spesies barunya adalah sauropod berleher panjang, yang sangat dekat hubungannya dengan temuan di Amerika Utara dan India saat itu.

Sauropod Nopsca mirip dengan jenis lebih kecil dari spesimen besar India yang dinamakan Titanosaurus, tetapi nama itu sepertinya tidak cocok dengan mahluk kecil Nospca. Pada akhirnya temuan tersebut dinamakan Magyarosaurus.

Pada tahun 1912, Nopcsa telah mengetahui cukup banyak tentang dinosaurus di tanahnya, dan dunia prasejarah yang sebelumnya mereka tinggali, untuk mencapai suatu kesimpulan yang berani.

Dia mengatakan kajiannya mengungkapkan paling tidak terdapat satu pulau dinosaurus prasejarah yang dihuni versi kecil dari mahluk raksasa yang hidup di bagian lain dunia saat itu.

!break!

Kesimpulan ini tidaklah segila kedengarannya: para ilmuwan sebelum perang Eropa telah mengetahui bahwa hal-hal yang aneh dapat terjadi terhadap binatang yang tinggal di pulau terpencil.

Sebagai contoh, mereka menemukan bukti kuat bahwa sejumlah pulau Laut Tengah dihuni gajah dan kuda nil kerdil pada Zaman Batu, beberapa ribu tahun lalu.

Meskipun demikian, pemikiran Nopsca tidaklah langsung didukung koleganya.