Kenali Ragam Gejala Skizofrenia

By , Sabtu, 11 Juli 2015 | 12:00 WIB

Skizofrenia merupakan suatu kondisi gangguan otak yang dapat mempengaruhi cara seseorang berkelakuan, berpikir dan melihat sekelilingnya. Jika seseorang menderita skizofrenia hal yang paling menonjol adalah ia memiliki pandangan yang tidak pasti mengenai kenyataan, sehingga terdapat kecenderungan penderita skizofrenia yang dapat berhalusinasi, berbicara dengan cara bicara yang aneh dan membingungkan. Tidak hanya itu„ penderita skizofrenia akan merasa paranoid jika orang lain sedang berusaha melukai dirinya hingga merasa dirinya sedang diawasi.

Nah hal inilah yang mengakibatkan pwnderita memiliki berbagai kecenderungan tersebut. Hal yang paling menyulitkan adalah penderita skizofrenia sangat sulit membiasakan diri dalam aktivitas sehari-hari dan cenderung menarik diri dari dunia luar atau bertingkah dengan rasa takut dan kebingungan.

Baca juga: 10 Tanda Ini Indikasikan Anak Anda Menderita Autisme

Walaupun tergolong serius, penderita skizofrenia dapat memperoleh pertolongan berupa dukungan, obat-obatan dan terapi sehingga dapat menjalani kehidupan yang normal.

Berikut beberapa gejala awal dari kondisi skizofrenia:

1. Penderita umumnya memiliki sifat yang eksentrik.

2. Cenderung malas dan tidak menunjukkan emosi apapun, serta tertutup dan terisolir.

3. Cenderung mengabaikan penampilan mereka.

4. Sering menyebutkan hal-hal yang tidak lazim.

5. Seakan tak peduli dengan kehidupan.

6. Sering kali meninggalkan hobi dan aktivitasnya, serta mengalami penurunan pada kemampuan belajar dan bekerja.

Biasanya skizofrenia akan muncul secara tiba-tiba pada siapa saja dan tanpa peringatan. Pasalnya ada beberapa orang yang mengalami kondisi skizofrenia secara perlahan dan bertahap, serta menunjukkan penurunan drastis lama sebelum episode gejala skizofrenia pertama yang muncul. Dan umumnya, orang-orang yang ada di dekat penderita skizofrenia akan cenderung merasakan adanya keanehan meski tidak tahu apa penyebabnya

Sedangkan„ unyuk gejala yang pasti penderita skizofrenia meliputi pengasingan diri, agresivitas disertai rasa curiga berlebih, kebersihan pribadi yang berkurang, pandangan kosong, ketidakmampuan untuk berekspresi, tawa dan tangis yang muncul yang tidak sesuai pada tempatnya, depresi, insomnia atau terlalu banyak tidur, ungkapan yang aneh atau irasional, mudah lupa dan tidak dapat berkonsentrasi, reaksi ekstrem terhadap kritik serta penggunaan kata yang aneh atau cara bicara.